Pelantikan Pimpinan Cabang IMM Klaten: Memperkuat Kepemimpinan Moderat dan Progresif

Publish

13 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
225
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Pada tanggal 10 Desember 2023, Gedung PDA Klaten menjadi saksi pelantikan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Klaten periode 2023/2024. Acara ini meneguhkan komitmen untuk membentuk kepemimpinan yang moderat dan progresif di kalangan mahasiswa Muhammadiyah.

Pembacaan SK dan Pelantikan PC IMM Klaten dilakukan oleh IMMawan Adam dari DPD IMM Jawa Tengah berjalan dengan khidmat. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Umum PC IMM Klaten 2022/2023, IMMawan Syahrul Akbar, menekankan pentingnya menghidupkan dakwah Islam melalui Muhammadiyah.

“Meskipun masinis (pemimpin) dapat berganti, kereta api (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) tetap harus berjalan pada relnya. Jangan lupa untuk tetap mengkaji bagaimana perjuangan Ahmad Dahlan.” Tutur Akbar.

Selanjutnya, IMMawan Ridwan Maulana, Ketua Umum PC IMM Klaten 2023/2024, menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam mencari kader IMM menggambarkan kesibukan skripsi sebagai penghambat bagi anggota untuk bergabung dengan PC IMM Klaten. “Kita hidup di Klaten, diapit oleh dua kota besar, Solo dan Jogja, tetapi kita harus percaya diri. Mari besarkan dan berjuang bersama-sama.” ujar Ridwan 

Arahan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten, Rudi Santosa M.Ag, memberikan inspirasi melalui ayat Al-Qur'an, surah Ad-Duha ayat 11. Beliau menekankan pentingnya mensyukuri nikmat Allah dan berbagi pengalaman proses pengkaderan dari tahap Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dari tingkat ranting hingga Pimpinan Pusat IPM.Beliau menekankan bahwa kesuksesan organisasi harus sejalan dengan akademis dan kontribusi terhadap masyarakat.

Arahan selanjutnya datang dari IMMawan Adam, yang memberikan pemahaman bahwa kader Muhammadiyah harus siap ditempa dan selalu berjuang untuk hidup. “Sebagaimana pohon pisang, bisa hidup dalam segala kondisi.” Ujarnya. Beliau juga menyoroti pentingnya fokus pada tindakan nyata, sebagaimana dianalogikan dengan menanam benih (kebaikan) ketika mengetahui besok adalah kiamat. 

Adam juga menekankan pentingnya budaya literasi dan peran Muhammadiyah sebagai gerbang utama cakrawala informasi kebangsaan. Ia mengajak untuk menjaga integritas melalui iman dan ilmu.

Acara ini turut dihadiri oleh PC IMM se-Solo Raya dan HW. Melalui berbagai arahan, pelantikan ini memberikan landasan yang kokoh untuk kepemimpinan PC IMM Klaten yang akan memimpin dan memberdayakan mahasiswa Muhammadiyah dalam periode 2023/2024. (Muhammad Farhan Al Yuflih/PC IMM Klaten)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah t....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengusung tema "Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semes....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Di hari kedua penyelenggaraan Diskusi Buku dan Workshop Literasi Digital ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengakrabkan para siswa dengan masyarakat desa menjadi salah sa....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar tel....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah