Penguatan Ideologi Muhammadiyah, Untuk Sewon Utara Berkemajuan

Publish

18 September 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
239
Kegiatan Penguatan Ideologi Muhammadiyah Sewon Utara

Kegiatan Penguatan Ideologi Muhammadiyah Sewon Utara

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sudah menjadi suatu keharusan bagi warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk memahami seperti apa idealnya sebagai warga Muhammadiyah yang sesungguhnya. Untuk itu, keluarga besar Muhammadiyah-‘Aisyiyah Sewon Utara mengadakan acara penguatan ideologi Muhammadiyah pada Ahad (17/9/2023). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan Unit 2A Yogyakarta.

Penguatan ideologi Muhammadiyah mengambil 3 topik yaitu: Sukses DPD RI utusan Muhammadiyah dengan pembicara Ir. H. Azman Latif; Peran ‘Aisyiyah Dalam Pengembangan Risalah Perempuan Berkemajuan dengan pembicara Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum.; dan Penguatan Idiologi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Risalah Islam Berkemajuan dengan pembicara Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Dr. H. M. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A.

Ir. H. Azman Latif sebagai Ketua Tim Pemenangan Wilayah (TPW) DIY calon anggota DPD RI menyampaikan pelu adanya tim pemenengan di tingkat cabang dan ranting yang melibatkan semua unsur Muhammadiyah. Selain itu, melibatkan warga Persyarikatan (akar rumput) untuk menyusun program pemenangan dan membuat mereka merasa memiliki kewajiban memperjuangkan calon DPD hasil Musyawarah pimpinan wilayah khusus, adanya pendataan anggota sebagai sarana konsolidasi dan membangun pola komunikasi yang tidak administratif namun menjalankan fungsional dengan baik.

Sementara itu, Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum menguraikan bahwa Perempuan Berkemajuan ialah: 1) Perempuan yang memiliki alam pikiran dan kondisi kehidupan yang maju dalam segala aspek tanpa mengalami hambatan dan diskriminasi baik secara struktural maupun kultural. 2) Perempuan yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki-laki. 3) Mencerminkan kepribadian muslimah. 4) Menjalin harmonisasi relasional antara laki-laki dan perempuan. 5) Fitrah perempuan.

Karakter perempuan berkemajuan; beriman dan bertakwa, taat beribadah, berakhlakul karimah, berfikir tajdid, bersikap Wasathiyah, amaliah salihah, sikap inklusif. Terakhir dalam penyampainnya, ialah komitmen perempuan berkemajuan yaitu: penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelestarian lingkungan, penguatan keluarga sakinah, pemberdayaan masyarakat, filantropi berkemajuan, aktor perdamaian, partisipasi publik, kemandirian ekonomi, peran kebangsaan, kemanusiaan universal.

Acara terakhir disampaikan materi Islam berkemajuan. Menurut Dr Ikhwan Ahada selaku pembicara topik ini, salah satu karakteristik dari Islam berkemajuan setidaknya meliputi, pertama, berlandaskan pada tauhid, kedua, bersumber pada al-Qur’an dan al-Sunnah (al-Ruju’ ila al-Qur’an wa al-Sunnah), ketiga, menghidupkan ijtihad dan tajdid (Ihya’ al-Ijtihad wa al-Tajdid).

Selain itu, keempat, mengembangkan Wasathiyah (Tanmiyat al-Wasathiyah), dan kelima mewujudkan rahmat bagi seluruh alam (Tahqiq al-Rahmah li al-‘Alamin). Sebagai penutup, Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah ini juga mengingatkan dengan merujuk pernyataan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. Yakni salah satu hal yang dibutuhkan umat Islam Indonesia maupun dunia saat ini ialah rancang bangun dan strategi pembangunan peradaban muslim yang lebih modern dan berkemajuan.

Oleh karenanya, umat Islam penting mengubah strategi perjuangan, termasuk dalam beramar maruf nahi mungkar dari serba reaktif-konfrontatif ke proaktif-konstruktif dengan membangun dan menghadirkan pusat-pusat keunggulan dan kemajuan. (eh/cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

ALOR, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula SMA Muhammadiyah Kalabahi telah dilaksanakan Kegiatan P....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Dua Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembal....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Gelombang 2 resm....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan Pelepasan dan Pemb....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah