Pengukuhan Berkemajuan Muhammadiyah - 'Aisyiyah Basen “Hadir dan Memberi”

Publish

13 November 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
589
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wejangan dari K.H. Ahmad Dahlan, “Hidup-hidupilah Muhammadiyah dan jangan mencari penghidupan di Muhammadiyah” menyemangati pengurus PRM Basen khususnya pada malam Jum’at itu. Bertempat di Aula Masjid Mustaqim, Sokowaten, Kalurahan Purbayan, Kotagede, acara pengukuhan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Basen, Kotagede berlangsung dengan khidmat dan lancar. Acara yang diadakan pada hari Kamis, 9 November 2023 sekitar pukul 20.00 ini dihadiri oleh Ketua PCM dan PCA Kotagede beserta jajarannya, dan juga diundang dan dihadiri oleh Ketua 3 RW (04, 05, 06) dan tokoh masyarakat setempa.  

Acara yang bersamaan dengan Pengukuhan PRA Basen ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Andarini Ratna Kurnia, S.Pd. dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Mars Aisyiyah yang dipimpin oleh Dian Rahmawati, S.Psi. Kedua lagu tersebut dinyanyikan dengan semangat dan penuh penghayatan. Selanjutnya acara pengukuhan diserahkan kepada PCM Kotagede yang diawali dengan pembacaan SK oleh M. Arifin Hafidz, S.Pd. dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah pengukuhan sekaligus pengukuhan pimpinan ranting Muhammadiyah Basen periode 2022-2027 oleh Ketua PCM Kotagede, Drs. H. Muhammad Hatta. Dalam pengukuhan ini ditetapkan Aris Munandar sebagai Ketua PRM periode 2022-2027 dengan didampingi pimpinan ranting Muhammadiyah secara kolektif kolegial. 

Dalam sambutannya, Ketua PCM Kotagede, Drs. H. Muhammad Hatta bahwa sebagai warga Muhammadiyah yang merupakan pengikut Nabi Muhammad Saw, kita harus berusaha menyontoh perilaku dan ajaran beliau. Pimpinan Muhammadiyah harus dapat menjadi contoh, misalnya dalam sholat wajib diusahakan untuk tidak terlambat takbiratul ikram imam masjid agar mendapatkan surga dan terbebas dari sifat munafik. Muhammad Hatta juga menyontohkan bahwa salah satu syarat bagi saudara-saudara di Palestina yang maju perang di Gaza adalah tidak terlambat takbiratul ikram. Dalam acara ini juga diadakan penggalangan dana untuk Palestina dan terkumpul sejumlah Rp. 2.815.000,-. Dalam upaya menggerakkan ekonomi warga Muhammadiyah, beliau juga mengatakan bahwa PCM Kotagede akan merencanakan beberapa kegiatan pemberdayaan ekonomi, misalnya Pasar Ramadhan.

Sejalan dengan itu, Ketua PRM Basen terpilih, Aris Munandar, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan PRM Basen akan berbasis pada masjid, yakni akan bekerjasama dengan takmir masjid dalam program kerjanya. PRM Basen juga akan lebih banyak "Hadir dan Memberi" untuk kepentingan jamaah, misalnya dengan program mengumrohkan minimal 1 orang mulai tahun ini. 

Acara ini kemudian diikuti dengan pemberian kenang-kenangan kepada senior dan sesepuh PRM Basen yang telah berjasa memajukan PRM Basen selama ini. Sebagai penutup acara ini, H. Widodo Ahmad sebagai salah satu sesepuh PRM Basen memimpin doa dengan fasih dan khusyuk. 

Maka dengan dikukuhkannya pimpinan baru PRM Basen periode 2022-2027 oleh PCM Kotagede dengan SK No. 15/kep/IV/B/ 2023 yang disahkan pada tanggal 25 Rabiul Akhir 1445 H/9 November 2023, kita doakan semoga PRM Basen, Kotagede, Yogyakarta semakin berkontribusi bagi umat dan menjadi teladan bagi masyarakat serta mengikuti pesan K.H. Ahmad Dahlan di atas. Barokallahu fiikum.

Perempuan Berkemajuan 

Sebagai tiang utama negara, wanita Islam memiliki kewajiban suci dalam membina harkat kaum wanita. Dalam upaya menciptakan masyarakat Islam sejati dan penuh karunia, warga Aisyiyah memiliki peranan sangat penting, sehingga beramal dan berdarma bakti harus dilakukan untuk ikut serta dalam membangun negara. Itulah parafrase lirik lagu Mars Aisyiyah yang penuh dengan makna yang menjadi penyemangat ibu-ibu Aisyiyah pada acara pengukuhan PRA Basen, Kalurahan Purbayan, Kotagede, Yogyakarta.

Acara ini diadakan pada hari Kamis, 9 November 2023 sekitar pukul 20.00 dan dihadiri oleh Ketua PCM dan PCA Kotagede beserta jajarannya, Ketua PRA beserta jajarannya. Selain itu, juga diundang dan dihadiri oleh Ketua PKK 3 RW (04, 05, 06) dan tokoh masyarakat setempat di Aula Masjid Mustaqim, kampung Sokowaten, Kotagede, Yogyakarta.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Andarini Ratna Kurnia, S.Pd. dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Mars Aisyiyah yang dipimpin oleh Dian Rahmawati, S.Psi. Semangat dirigen yang tinggi menjadikan ketiga lagu tersebut dinyanyikan oleh ibu-ibu dengan semangat dan penuh penghayatan. 

Kemudian, acara pengukuhan diserahkan kepada PCA Kotagede yang diawali dengan pembacaan SK oleh Jarwati Susiloningsih, SKM, M.M. dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah pengukuhan sekaligus pengukuhan pimpinan ranting Aisyiyah Basen periode 2022-2027 oleh Ketua PCA Kotagede, Dra. Hj. Muftiyah Hidayati. Surat keputusan bernomor 020/SK-PCA/A/XI/2023 yang disahkan pada tanggal 25 Rabiul Akhir 1445 H/9 November 2023 itu menetapkan Dra. Hj. Atik Amanati sebagai Ketua PRA Basen periode 2022-2027 dengan didampingi pimpinan ranting Aisyiyah secara kolektif kolegial. 

Dalam sambutannya, Ketua PCA Basen, Kotagede yang terpilih, Dra. Hj. Atik Amanati, menyatakan terimakasih dan apresiasi atas kerjasama dan semangat yang luar biasa dari ibu-ibu pengurus dan anggota Aisyiyah Basen sehingga acara pengukuhan berjalan dengan tertib dan lancar. Beliau juga menambahkan bahwa PRA Basen akan bekerjasama dan bersinergi dengan Pengurus PRM Basen untuk Basen berkemajuan. Dengan mengucapkan Bismillah, beliau akan bekerja dengan amanah dan memohon bimbingan dari PCM dan PCA Kotagede. 

Dalam kepimpinan periode baru ini terdapat badan pembantu pimpinan yang terdiri dari beberapa majelis, yakni Majelis Tabligh dan Ketarjihan, Majelis Kesehatan, Majelis PAUD Dasar dan Menengah (Dasmen), Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Majelis Kesejahteraan Sosial, dan Majelis Pembinaan Kader. Semangat luar biasa dari pengurus majelis-majelis ini ditunjukkan dari adanya beberapa kegiatan yang sudah diselenggarakan sebelum para pengurus dikukuhkan.  

Acara ini kemudian diikuti dengan pemberian kenang-kenangan kepada senior dan sesepuh PRA Basen yang telah berjasa memajukan PRA Basen selama ini. Beliau-beliaulah yang menggerakkan PRA Basen dari sejak pengurus dan anggotanya berjumlah sangat terbatas sampai sekarang berjumlah kira-kira 85 orang.

Dalam acara pengukuhan ini juga diadakan serah terima jabatan dari Ketua PRA Basen periode 2015-2022, Dra. Umi Hidayati, M.Pd. kepada Ketua PRA Basen yang baru, periode 2022-2027, Dra. Hj. Atik Amanati. Kepada jajaran pimpinan PRA Basen yang baru, Umi mengucapkan selamat bergabung untuk masa jabatan 5 tahun ke depan pimpinan yang baru, yang lebih muda dan smart. Beliau mendoakan semoga  Allah memudahkan semua urusan kita dan memperlancar jalan kita untuk ber-fastabiqul khoirot (berlomba-lomba di dalam kebaikan) di kampung Basen, dan semoga PRA Basen sukses dalam kepemimpinan Atik Amanati sebagai motor, penggerak, dan manajer yang baru. Aamiin Ya Rabbal ‘alamiin. (Tri Rina)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pohon Kelapa Kopyor Cungap Merah Universitas Muhammadiyah Purw....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat (PK) Solo menggelar p....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Haedar Nashir mengatakan, Isra miraj meru....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan semangat anak-anak semangat beribadah sholat, ....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah