Perpustakaan UMP Edukasi tentang AI dalam Penyusunan Tugas Akhir

Publish

15 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
159
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara seminar dengan tema "Memanfaatkan Artificial Intelligence dengan Bijak dalam Penyusunan Tugas Akhir" di Aula Syamsuhadi Irsyad UMP, Jumat (8/3/2024) lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Rektor I UMP, kepala perpustakaan, kepala program studi, dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I UMP, Saefurahman, Ph.D, menekankan pentingnya penggunaan teknologi secara bijak dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di era digital saat ini. 

“Perpustakaan UMP merupakan tempat yang memungkinkan bagi para mahasiswa untuk berbagi ilmu dan menguasai teknologi demi mencapai visi Indonesia emas 2045,” jelasnya. 

Kepala perpustakaan UMP, Riski Tri Wisnanawati, menjelaskan bahwa acara ini merupakan langkah strategis dari perpustakaan UMP untuk memberikan edukasi kepada para mahasiswa tentang cara bijak menggunakan teknologi Artificial Intelligence, terutama dalam konteks penyusunan tugas akhir.

"Penggunaan Artificial Intelligence dalam penyusunan tugas akhir dapat memberikan kontribusi signifikan, namun penggunaannya perlu bijaksana agar tidak menimbulkan plagiarisme atau pelanggaran etika akademik," ujarnya.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi momen penting untuk menobatkan duta perpustakaan tahun 2024. Dua mahasiswa, Afifah Haifannuha dari Program Studi Keperawatan dan Hindun Asvi Khaeratul Khisan dari Program Studi Pendidikan Matematika. 

Sementara itu, Dr. Laily Nurlina, M.Pd. dan M. Zaeni Lathif, masing-masing sebagai perwakilan dosen dan tenaga pendidik, dinobatkan sebagai duta perpustakaan. Penobatan ini merupakan penghargaan atas dedikasi mereka dalam memanfaatkan perpustakaan dan teknologi untuk kemajuan pendidikan di UMP. (nar/tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Dr Muchlas, M.T beserta jaja....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Anak kita yang terlahir di muka bumi ini memiliki dua unsur yang a....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam suasana penuh kegembiraan, Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

22 November 2023

Berita

BOJA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., Mk....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Sumat....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah