PKU Reborn dan Reform dalam Baitul Arqam Ideopreneurship

Publish

29 September 2023
PKU

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
266
Dok PKU

Dok PKU

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Materi pertama pada acara Ideopreneurship/Baitul Arqom pada tanggal 28 September 2023 ini dimoderatori oleh Dr.Muhammad Ikhwan Ahada.,S.Ag.,MA dalam pengantarnya beliau menyampaikan bahwa sesuai Amanah PP Muhammadiyah bahwa sudah saatnya PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta melalukan Reborn (kelahiran Kembali) dan PKU Muhammadiyah Gamping  Sleman Yogyakarta sudah harus melakukan Reform menjadi RS Pendidikan Utama.

Dr. Mohammad Agus Samsudin, M.M. sebagai pembicara keynote pada materi ini menyampaikan bahwa Reborn or Reform adalah transformasi perubahan yang perlu dilakukan secara lebih agresif karena 50 tahun kok penambahannya kurang signifikan. Melihat tantangan ke depan dari pihak eksternal yakni : 1.) Dokter Spesialis hanya boleh praktek di satu tempat, 2.) rumah sakit Grup melakukan ekspansi di tingkat kabupaten, 3.) investor ASING masuk Indonesia. Sedangkan tantangan internal 1.) Layanan (a.rumah Skit Tipe D-B, b.belum menjadi preferens hospital, c.layanan unggulan perlu optimalisasi), 2.) Keuangan (a.tingkat profitabilitas yang bervariasi, b. kemampuan mengelola keuangan) dan 3.) Maju bersama (sinergi layanan, keuangan, pembelian).

Lebih lanjut M.Agus Samsudin MM menyampaikan posisi Rumah Sakit Muhammadiyah sebenarnya mempunyai posisi yang signifikan untuk berkembang pesat. Beberapa kelebihannya diantaranya: 1.) potensi menjadi 140 RS (dalam proses pembangunan 24 RS), 2.) Muhammadiyah memiliki jaringan RS terbanyak di Indonsia, 3.) Market Share jaringan RS Muhammadiyah tertinggi dengan kurang lebih 4% terhadap jumlah RS per tahun 2022 di Indoensia, 4.) Muhammadiyah memiliki kapitalisasi pasar tertinggi di Indonesia (kecuali nilai omset/pendapatan), 5.) Market Share omset RS Muhammadiyah tertinggi (diantara RS Non Pemerintah) dengan kurang lebih 7,67 terhadap omset seluruh faskes di 2022 (dengan pendekatan nilai klaim BPJS Kesehatan) data ini diambilkan dari data RS Muhammadiyah berdasarkan website MPKU.

Peran Rumah Sakit sebagai Lembaga da’wah persyarikatan, secara rinci Amal untuk Islam-Persyarikatan-Masyarakat yakni: 1.) Memberikan dana dakwah sebesar 2% dari pendapatan, 2.) Menghidupkan persyarikatan setempat, 3.) Melakukan bakti sosial 5 kali per tahun, 4.) Program Bersama MPPKS, Dikdas, 4.0 Menjadi sister hospital untuk RSMA bermasalah, Dll. Usaha perlu pertumbuhan, keuntungan dan kesinambungan: 1.) Menjadi top mind brand di Yogyakarta, 2.) Peningkatan pendapatan 20% /tahun, 3.) Profitabilitas 15%, 4.) adanya 2 unggulan di masing-masing RS, 5.) Menjadi reference hospital, dan 6.) Menciptakan budaya layanan Unggul Islami.

Perubahan Budaya tidak bisa berdiri sendiri, Unggul artinya punya keistimewaan dari pesaing, Islami artinya layanan berbasis nilai-nilai Islam, maka untuk mencapai keunggulan  tersebut diperkulan 1.) Reborn/reform sebuah keharusan, 2.) Berpikir dan bertindak sebagai Group, jangan jalan sendiri, 3.) Mulai dengan membuat master plan 3 tahun kedepan dan 4.) 2023 dipastikan sehat baik secara Amal maupun Usaha.

Diakhiri dengan statemen : “ If you don’t have a plan, you plan to fail” (Jika Anda tidak mempunyai rencana, Anda berencana untuk gagal. Dan ditutup dengan QS. Al-Hasr ayat 18 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Islam/Taufiq)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. (H.C). Zulkifli H....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Tujuan nikmat itu dilimpahkan dan diberikan kepada umat Islam yait....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mempelajari tentang arah kiblat memang ada dua segmen yang penting ....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah mengadakan bimbingan teknis....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

PP Muhammadiyah Sambut Kedatangan Asosiasi Muhammadiyah Singapura  YOGYAKARTA, Suara Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah