PKUM UMPR Kembali Torehkan Prestasi di Kompetisi Nasional

Publish

10 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
266
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Asrama Mahasiswa Program Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (PKUM UMPR) menorehkan prestasi di ajang Lomba Kreativitas Mahasiswa Asrama Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTM/A) se-Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Musyawarah Nasional IV dan Seminar Nasional Asosiasi Pengelola Asrama (Aslama) PTM/A yang diselenggarakan di Kota Bandung, Kamis-Sabtu (30/11-2/12/23).

Berlokasikan di Grand Asrilia Hotel Kota Bandung Munas IV dan Seminar Nasional Aslama PTM/A resmi dibuka oleh Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd., Wakil Sekretaris II Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Sementara itu Seminar Nasional dengan tema "Meningkatkan Pola Pengasuhan dan Kesehatan Mental Mahasiswa PTM/A di Asrama/Pesantren Mahasiswa” diisi oleh Dr. KH. Abbas Baco Miro, Lc, M.A., Wakil Ketua PWM Sulsel & Kiai Pesmadina Universitas Muhammadiyah Makassar
dan Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi. Psikolog., Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah PWM Jawa Barat.

Munas dan Semnas Aslama PTM/A diikuti oleh 59 instansi dan 60 peserta. Dr. Irwan Baadilla, M.Pd., Ketua Aslama PTM/A 2022-2023 menjelaskan bahwa diselenggarakannya Munas guna melanjutkan keberlangsungan asosiasi.

"Munas ini ada pemilihan pengurus setiap dua tahun sekali sehingga dibuat AD/ART nya, tujuan dan program-program ke depan, dan dengan adanya asosiasi ini mempersatukan dan memperkuat asrama mahasiswa di perguruan-perguruan tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah yang ada di Indonesia," terangnya.

Sebelumnya, Lomba Kreativitas Mahasiswa Aslama PTM/A se-Indonesia telah dimulai dan dilaksanakan sejak awal Bulan Oktober. Kemudian diumumkan para pemenangnya pada saat acara pembukaan. Dari berbagai kategori lomba yang diikuti oleh Mahasantri PKUM UMPR, PKUM UMPR meraih tiga juara lomba dari tiga cabang. 

Juara 3 Lomba Film Pendek, pesertanya Salma Kaltsum Juniarti, Adelia Nurul Siyam, Rihadatul 'Aisy Susanto dan Lisnawati dari Fakultas Agama Islam UMPR. Juara 3 Lomba Pidato Bahasa Inggris, pesertanya Mufidah Rahmi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMPR, dan Firdan Dwi Setiawan sebagai juara 3 Lomba Kaligrafi Canva dari Fakultas Agama Islam UMPR.

Aris Pratama Gunawan, S.H., Pembina Asrama PKUM UMPR yang turut hadir pada kegiatan tersebut juga sebagai Anggota Bidang IV Pengembangan Kerja Sama, Jaringan dan Publikasi Aslama PTM/A mengapreasi seluruh peserta lomba.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada mahasantri yang telah berjuang maksimal dalam perlombaan ini, yang juara ini adalah bonus atas usaha dan proses, semoga menjadi kebanggaan tersendiri dan terus meningkatkan prestasi, yang belum juara jangan menyerah, karena ini adalah kesuksesan yang tertunda, selamat semuanya," ungkap Aris.

Peserta perlombaan tersebut tercatat sebanyak 356 peserta dan yang mengumpulkan karya sebanyak 294 karya dari enam cabang yang diperlombakan serta diikuti oleh 33 Asrama PTM/A se-Indonesia.

Dari hasil Munas IV Aslama PTM/A terpilih Dr. Wawan Kusnawan, S.S., M.Pd.I., sebagai Ketua Aslama PTM/A Periode 2024-2026 yang menggantikan Dr. Irwan Baadilla, M.Pd., serta purna tugasnya Aris Pratama Gunawan, S.H., sebagai pengurus yang mewakili UMPR di Aslama PTM/A. (Aris Pratama Gunawan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar tonggak sejarah....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Handball atau bola tangan putra Sekolah Keberbakatan Muham....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Masjid Al Furqon Menganti Kesugihan Cilacap, kehadiran Mubalig Hi....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Kota Surakarta menyelengg....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Para pelajar dari SMA N 2 Pekanbaru menampilkan kemampuan dan kreatifita....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah