Presiden RI ke-5 Ucapkan Selamat kepada Muhammadiyah dalam Ajang Zayed Award 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
228
Megawati Soekarnoputri menjadi salah satu juri dalam penghargaan Zayed Award 2024.

Megawati Soekarnoputri menjadi salah satu juri dalam penghargaan Zayed Award 2024.

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat kepada Muhammadiyah yang telah terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Zayed Award for Human Fraternity (ZAHF) 2024. Hal ini disampaikan oleh Mega melalui Ketua DPP Bidang Luar Negeri PDIP Ahmad Basarah (4/2).

Alasan putri sang Proklamator mengucapkan selamat kepada Muhammadiyah karena peran sentralnya dalam hal kemanusiaan dan perdamaian yang tak dapat dinafikan.  Selain itu, sepak terjang organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan satu abad silam dalam menjaga kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama juga patut diapresiasi.

Zayed Award adalah penghargaan yang diinisiasi pada tanggal 4 Februari 2019 sebagai kelanjutan dari pertemuan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Thayyeb dengan Paus Fransiskus di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pertemuan tersebut menghasilkan Deklarasi Abu Dhabi yang kemudian disebut dengan Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan.

Zayed Award digelar untuk mengapresiasi individu dan entitas yang memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan peradaban. Dalam penghargaan ini Megawati menjadi juri bersama sejumlah tokoh negara lain, diantaranya Kardinal Leonardo Sandri (Prefect Emeritus of the Holy See Dicastery for Oriental Churches), Rebeca Grynspan Mayufis (Secretary General of the United Nation Conference on Trade and Development/UNTAC), Mantan Director General of UNESCO Irina Bokova.

Lalu, Rabbi Abraham Cooper (Chair of the US Commission on International Religious Freedom) dan Mohamed Abdelsalam (Secretary General of Zayed Award for Human Fraternity and Secretary General of the Muslim Council of Elders).

Pada penghargaan Zayed Award kali ini, Muhammadiyah tidak sendiri. Bersama dengan NU, juga memenangi penghargaan serupa. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Melihat penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara mereka di Maroko, ....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Seminar N....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - BERAU, Suara Muhammadiyah - Muhammad Bayu, Rektor Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam acara Innovative Leadership Forum di Suara Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Pondok Modern Muhammadiyah Subulussalam Kota Tegal adalah satu-satunya p....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah