Program Magister Keperawatan Menjadi Prodi ke 50 di UMP

Publish

20 September 2023
ump

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
223
Program Magister Keperawatan Menjadi Prodi ke 50 di UMP

Program Magister Keperawatan Menjadi Prodi ke 50 di UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan, Program Magister Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Gelar Workshop Program Magister Keperawatan di Aula AK Anshori kampus tersebut, Selasa (19/9/2023). 

Workshop menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya. Mereka yakni Ns. Erna Rochmawati, MNSc., M.Med.Ed., Ph.D perwakilan dari AIPNI dan Dr. Ns. Rohman Azzam, S.Pd., S.Kep., M.Kep, Sp.MB perwakilan dari LAMPTKes serta Ns. Asiandi, S.Kep., M.Sc., Ph.D selaku kepala program studi magister keperawatan.

Ketua panitia workshop Ns. Endiyono, S.Kep., M.Kep mengatakan, penyelengaraan pendidikan S2 keperawatan merupakan suatu bentuk tanggung jawab institusi pendidikan kesehatan khususnya pendidikan keperawatan dalam rangka meningkatkan kualitas dari lulusan pendidikan keperawatan. 

“Hingga saat ini kebutuhan tenaga perawat yang bekualitas dan dengan jenjang pendidikan magister keperawatan (S2) masih sangat dibutuhkan oleh dunia kesehatan sehingga penyelenggaraan pendidikan magister keperawatan yang masih cukup relevan,” jelasnya. 

Dijelaskan, Endi, kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyiapkan kurikulum program studi magister keperawatan yang dihadiri sedikitnya 40 peserta. Diantaranya Direktur Rumah Sakit di wilayah karisidenan Banyumas, Kepala Bidang Diklat RS, IKA Alumni, DPD PPNI Banyumas dan juga dosen prodi magister keperawatan FIKES UMP. 

“Kegiatan workshop program magister keperawatan dilaksanakan dengan hybrid dengan pembicara dari AIPNI dan LAMPTKes,” ungkapnya. Dekan FIKES Assoc. Prof. Dr. Umi Solikhah mengatakan, Program Pendidikan Magister Keperawatan FIKES UMP merupakan lembaga pendidikan tinggi di bidang keperawatan yang mempunyai tanggung jawab didalam penyiapan sumber daya manusia. Menurutnya, di bidang keperawatan tersebut akan menghasilkan seorang magister keperawatan profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang islami. 

Selain itu, lanjut Umi, Magister Keperawatan ini juga yang mampu memberikan pelayanan keperawatan secara professional sesuai dengan standar yang ditetapkan. Yaitu kurikulum untuk mencapai kompetensi utama dari pendidikan Magister Keperawatan yang telah ditentukan oleh AIPNI.

“Untuk memenuhi kebutuhan standar kurikulum inti dan institusional yang bercirikan isu-isu global dan ciri khas Program Pendidikan Magister Keperawatan FIKES UMP yang disesuaikan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat serta kebijakan-kebijakan khusus di bidang pelayanan kesehatan dan keperawatan,,” jelasnya. 

Dijelaskan, penyusunan kurikulum ini dilaksanakan sebagai salah satu persiapan pembukaan Program Studi Magister Keperawatan FIKES UMP. Maka dengan ini Program Pendidikan Magister Keperawatan FIKES akan menyelenggarakan workshop kurikulum untuk melahirkan Kurikulum Program Pendidikan Magister Keperawatan.

Sementara itu, Wakil Rektor II UMP Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si mengatakan program studi magister keperawatan merupahkan program studi ke-50 yang berada di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (Tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Jika tak ada aral melintang, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makas....

Suara Muhammadiyah

1 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah jumlah guru besar ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

MEKKAH, Suara Muhammadiyah – Melalui program Arabic and Islamic Camp, tiga santri Pondok Pesan....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

KARTASURA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kartasura melakukan pendataan partisi....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (LHKI) Pimpin....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah