PWNA DIY Adakan KMTNA, Mengelola Stres pada Ibu agar Tetap Bahagia

Publish

24 December 2023
ibu

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
183
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Departemen Dakwah Pimpinan Wilayah Nasyiatul 'Aisyiyah (PWNA) DIY adakan Kajian Keluarga Muda Tangguh Nasyiatul 'Aisyiyah (KMTNA), Sabtu (23/12/2023) malam, dihadiri Sekretaris Umum PWNA DIY Rina Lusiana Ariyanti, M.Pd.

Kegiatan melalui zoom meeting ini bertemakan "Stress Management for Mom; Karena Ibu Berhak Bahagia" (Batch 1) dengan narasumber Erny Hidayati, S.Psi, M.A. (Psikolog Dosen Psikologi UAD dan Sekretaris PRA Gedongkuning, Kotagede, Yogyakarta).

Dalam acara yang dimoderatori Iva Fauziah, M.Ag (Anggota Departemen Dakwah PWNA DIY), diawali dengan pertanyaan apakah menjadi ibu bisa memicu stres dan bagaimana cara mengelola stres pada ibu agar tetap menjadi ibu yang bahagia? 

Ketika sampaikan manajemen stres pada ibu, Erny Hidayati menyampaikan pengertian stres, penyebab stres pada ibu, tanda-tanda stres, dampak stres pada ibu, strategi mengatasi stres pada ibu, sumber daya yang dapat digunakan untuk mengatasi stres.

"Pekerjaan rumah tangga merupakan salah satu penyebab stresor utama pada ibu rumah tangga," kata Erny Hidayati.

Menurutnya, mengasuh anak dengan baik membutuhkan waktu dan energi yang banyak. "Sehingga dapat menimbulkan stres pada ibu," tandasnya.

Dukungan keluarga dan teman serta orang terdekat dapat membantu ibu menghadapi stres dengan lebih baik.

Manajemen stres sangat penting bagi ibu agar dapat menjalani hidup dengan lebih seimbang dan bahagia. "Dengan mengenali tanda-tanda stres dan melakukan strategi yang efektif, ibu dapat mengurangi stres dan selalu menjadi orang yang bahagia," papar Erny Hidayati.

Karena saking antusiasnya, pada kesempatan itu lebih dari 10 orang penanya dan disampaikan doorprize bagi 4 orang penanya terbaik. Adapun yang joint tidak hanya dari DIY saja, tapi juga ada dari Surabaya, Banjarnegara, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan sebagainya.

Dalam kajian rutin 2 bulan sekali itu, Nasyiatul 'Aisyiyah menyampaikan gagasan Keluarga Muda Tangguh Nasyiatul 'Aisyiyah (KMTNA) yang memiliki 10 pilar sebagai penyangga.

Kesepuluh pilar tersebut adalah: 1. Kokoh akidah dan akhlakul Karimah, 2. Sehat jasmani, ruhani dan lingkungan, 3. Kemandirian, 4. Keadilan dengan semangat al-Ma'un, 5. Misi perdamaian, 6. Demokrasi, 7. Anti kekerasan, 8. Kesetaraan akses, 9. Ramah lingkungan (ecofamily) dan 10. Tanggap bencana.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan selama seming....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Ratusan lapak Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersia....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan menggelar kegiatan Gebyar Kre....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen. Pol. Dr....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

MADRID, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol menjadi bagian per....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah