Rakerda Dikdasmen PDM Makassar, Komitmen Cetak Hafidz hingga Massifkan Baitul Arqam

Publish

4 December 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
238
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah kota Makassar merumuskan program strategis lewat Rapat Kerja Daerah (Rakerda).

Kegiatan rapat kerja daerah dengan tajuk "Menggairahkan Tradisi Koordinasi dan Optimilisasi Organisasi Untuk Satuan Pendidikan Muhammadiyah Kota Makassar" ini dilaksanakan di Aula FKIK Unismuh Makassar, Sabtu (2/12/2023).

Turut hadir perwakilan Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah se kota Makassar, Kepala Sekolah Muhammadiyah dari tingkat SD hingga SMA se Kota Makassar, Wakil Kepala sekolah dan Bendahara Sekolah Muhammadiyah se- kota Makassar.

Hadir pula Ketua PD Muhammadiyah Makassar KH. Said Abd Shamad, Ketua, Sekretaris dan anggota Majelis Dikdasmen Makassar.

Ketua Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah Kota Makassar H. Aminuddin Tarawe menyampaikan bahwa lewat rapat kerja ini ingin menyatukan kesamaan pandangan dalam merealisasikan segala program kerja yang telah dirancang.

"Salah satu program kerja majelis yakni koordinasi antar pimpinan sekolah Muhammadiyah untuk menyelaraskan visi dan misi mulai dari tingkat tertinggi hingga yang paling rendah," tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa melalui rakerda ini ada beberapa program startegis yang akan dilaksanakan.

"pertama, membentuk MKKSM dan MGMP khusus sekolah Muhammadiyah, kedua; mengadakan baitul arqam guru, staf dan pelatihan manajemen kepala sekolah pelatihan calon kepala sekolah, ketiga; Mengoptimalkan pembelajaran ISMUBA (Al-Islam Kemuhammadiyah dan Bahasa Asing) untuk mewujudkan karakter utama pendidikan berkemajuan yang menerapkan pendidikan holistik dan integrative," tuturnya.

Ada pula keempat; program membagun dan memodifikasi sarana prasarana Sekolah Muhammadiyah hingga menjadi sekolah islam terpadu yang unggul dalam segala aspek;

"kelima; Meningkatkan jumlah dan mutu sekolah, madrasah, dan pondok pesantren yang memenuhi kualifikasi akreditasi dengan meningkatkan sistem penjaminan mutu, serta menampilkan identitas pendidikan Muhammadiyah, keenam; Melaksanakan Program Tahfidz Qur’an di sekolah Muhammadiyah sesuai tingkatan," harapnya.

Dan pula pemetaan dan pendataan Regulasi langsung kesekolah, koordinasi se-dikdasmen Makassar hingga mengadakan porseni tingkat Kota Makassar.

Dengan demikian, pihaknya berharap agar program ini bisa berjalan maksimal.

"Diharapkan ada sinkronisasi dan perpaduan antara Majelis Dikdasmen beserta seluruh satuan pendidikan Muhammadiyah se- Kota Makassar," harapnya.

Terpisah disampaikan, Ketua PD Muhammadiyah Makassar KH. Said Abd Shamad, Lc menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada majelis dikdasmen yang terus bergerak memajukan pendidikan di kota Makassar yang berkemajuan.

KH. Said Abd Shamad, Lc berpesan bahwa pendidik apalagi pimpinan wajib menjadi contoh tauladan dalam setiap proses pembinaan dimana saja berada.

"Terus mencetak dan melahirkan generasi-generasi yang taat kepada Allah SWT, pekerjaan pendidik dan guru itu sungguh mulia, makanya berbahagialah menjadi seorang pendidik," harapnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kassi Cabang Manggala Kota Makass....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang menggelar acara Pelantikan dan Pengamb....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Masjid Al Muttaqiin yang berada di kawasan Perumahan Grand Tanjung El....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Masih dalam rangkaian Ramadan Ceria, Universitas Muhammadiyah Malang ....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 74 pelamar mengikuti tes tertulis rekrutmen pegawai Universita....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah