Rakerwil Majelis Dikdasmen PNF PWM Jatim Siapkan Generasi Emas 2045

Publish

1 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
287
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MOJOKERTO, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Majelis Dikdasmen dan PNF) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur selenggarkan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil), Sabtu, 30 September 2023 bertempat di Hotel Arayana.

Kegiatan ini mengundang Pimpinan Majelis Dikdasmen dan PNF Muhammadiyah Jawa Timur, Ketua Pimpinan Daerah Muahammadiyah (PDM) Bidang Pendidikan se-Jawa Timur, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Se-Jawa Timur, Utusan Forum Guru Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur, Utusan Foskam SD/MI, SMP/MTS, dan SMK Muhammadiyah Jawa Timur dan yang terkonfirmasi hadir sebanyak 160 peserta.

Dalam Agenda pembukaan, Dr. Khozin, M.Si selaku Ketua Majelis Dikdasemen PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan Rapat Kerja Wilayah ini merupakan agenda rutin yang menjadi sarana silahturahim sekaligus menjaring informasi dan menemukan solusi berbagai problematika yang terjadi dalam pendidikan di Amal Usaha Muhammadiyah. 

Pelaksanaan Rakerwil berlangsung selama dua hari mulai pada 30 September 2023 sampai dengan tanggal 1 Oktober 2023, Rakerwil dibuka langsung oleh Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Muhammadiyah Didik Suhardi, Ph.D yang dalam sambutannya menyampaikan arah kebijakan Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah tahun 2022-2027 dalam menyonsong generasi Emas 2045.

Selain itu Didik menyampaikan untuk mewujudkan Visi Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah dilakukan melalui lima program pengembangan di antaranya sistem Gerakan, organisasi dan kepemimpinan, jaringan, sumber daya dan Aksi pelayanan pendidikan Nonformal.

Melalui lima program pengembangan tersebut diharapkan mewujudkan tranformasi pendidikan dasar, menengah dan pendidikan non-formal berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama, yang holistik dan integratif, serta menghasilkan lulusan berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat yang mampu menjawab kebutuhan zaman dengan tata kelola pendidikan unggul yang berdaya saing global dan inklusif

Untuk mendukung program kebijakan Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhamadiyah, Rakerwil kali ini membahas 6 program Gerakan dari majelis Dikdasmen PNF Muhamamdiyah Jawa Timur melalui Komisi I: Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA), Komisi II Akademik dan PNF, Komisi III Kelembagaan, Komisi IV Kepegawaian, Komisi V Pengembangan SDM dan Komisi VI  Kerja sama, Humas dan Database.

Salah satu programnya adalah bagaimana penguatan kapasistas dan kesejahteraan Sumber Daya Manusia untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS, MA/SMA/SMK,  dimana guru sebagai generator utama mendukung tercapaianya generasi emas 2045.

Salah satu yang menarik dalam kegiatan ini adalah paparan dari Dr. Hidayatullah, M.Si Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Jawa Timur menyampaikan pentingnya sinegisitas amal usaha perserikatan dalam menigkatkan kualitas amal usaha pendidikan Muhammadiyah.

Hidayatullah menyampaikan pentingnya amal usaha yang ada dalam persyarikatan untuk saling kolaborasi dalam mendungkung keterlaksanaan dan peningkatan kualitas amal usaha pendidikan di Muhammadiyah apalagi sebagai amal usaha memberikan sumbangan besar terhadap pemerintah sebagai generator pendidikan.

Mensinkronkan Gerakan Majelis Dikdasmen PNF Muhammadiyah Jawa Timur sebagai upaya mendukung program Dikdasmen PNF Pusat menyusun program yang dimulai dengan identifikasi masalah, menemukan strategi dan solusi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal Muhammadiyah. Progam disusun dalam menjadi 6 komisi, Komisi I: Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA), Komisi II Akademik dan PNF, Komisi III Kelembagaan, Komisi IV Kepegawaian, Komisi V Pengembangan SDM dan Komisi VI  Kerja sama, Humas dan Database. (endang)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Majelis Pendidikan Dasar, Pendidikan....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Jelang kedatangan bulan Ramadhan tahun 1445 H yang jatuh pada Senin....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kepala Bagian Hubungan Masyarkat (Humas) Universitas Muhammadiyah Aceh....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

 JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

4 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah