Rektor UMJ Harap Tiongkok Ambil Peran dalam Penyelesaian Konflik Kemanusiaan

Publish

4 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
92
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si., mengungkapkan beberapa harapan pada pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Melalui Kedutaan Besar RRT untuk Indonesia, Ma'mun tegas mengatakan agar konflik kemanusiaan menjadi perhatian penting. 

Hal itu disampaikan dalam sambutan pada acara Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim, Piatu, dan Duafa, Rabu (03/24/2024) bersama Kedubes RRT untuk Indonesia. Ma’mun mewakili civitas academica UMJ berharap pemerintah RRT dapat mengambil peran yang lebih jauh dalam penyelesaian konflik kemanusiaan di Palestina.

“Kita tahu bahwa ada persitiwa luar biasa yang mencabik-cabik kemanusiaan yaitu genosida di Palestina yang dilakukan oleh Israel. Harapan kami pemerintah RRT dapat berperan lebih jauh yakni dapat menjadi alternatif bagi dua posisi super power yaitu Rusia dan Amerika Serikat,” ungkap Ma’mun.

Kegiatan yang digelar di Auditorium KH. Ahmad Azhar Basyir, MA., Gedung Cendekia UMJ ini menjadi ajang kedua institusi untuk berdialog. Selain terkait konflik kemanusiaan, Ma'mun juga menyampaikan harapan lainnya.

Salah satunya ialah kerja sama UMJ dan RRT yang diharapkan dapat terjalin lebih jauh di berbagai bidang. “Ini kedua kalinya Kedubes RRT hadir di UMJ dalam acara yang sama. Kami menyambut baik acara ini, dan juga berharap hubungan ini juga bisa dilaksanakan melalui kerja sama lainnya,” kata Ma’mun.

UMJ sangat membuka pintu kolaborasi dalam mendirikan pusat kebudayaan Islam Tionghoa di UMJ sebagaimana yang telah didiskusikan bersama beberapa waktu silam. Menurutnya, pusat kebudayaan dapat menjadi media komunikasi dan perdamaian antara Indonesia dan Tiongkok.

Pernyataan tersebut disambut baik oleh Duta Besar RRT untuk Indonesia Chargé d'Affaires Ad Interim Zhou Kan. Ia menghargai Indonesia sebagai salah satu negara Islam terbesar. Hubungan antara kedua negara pun cukup baik dilihat dari kerja sama berbagai projek pembangunan dan kunjungan Presiden Joko Widodo ke RRT yang pada 2023 dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Terkait penyelesaian konflik di Palestina, Zhou Kan menegaskan bahwa Tiongkok mendukung pembebasaan Palestina dan turut berpartisipasi aktif dalam kerja sama degan negara-negara Timur Tengah di antaranya Arab Saudi, Iran, dan Iraq, untuk membuat kawasan perdamaian.

Dalam rangka mencapai tujuan itu, China bersedia membantu Indonesia untuk mendorong resolusi konflik yang adil. Menurutnya Muhammadiyah adalah salah satu organisasi penting dalam menjaga kerukunan dan membangun kesejahteraan masyarakat.

Maka dari itu, ia menuturkan bahwa China menjadikan Muhammadiyah sebagai mitra strategis dalam mewujudkan hal tersebut. Zhou Kan menyebut hubungan pemerintah RRT dan Muhammadiyah sangat dekat. Hal itu dibuktikan dengan rencana kunjungan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., ke China pada Juni 2024 mendatang. 

Pada kesempatan itu turut hadir Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMJ sekaligus Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., ketua lembaga, kepala kantor, dekan dan wakil dekan di lingkungan UMJ. 

Berikan Santunan 

Dalam agenda UMJ dan Kedubes Tiongkok kembali memberikan bantuan santunan anak Yatim, Piatu, Dhuafa dan Buka Puasa Bersama. Sebanyak 125 anak yatim dan duafa menerima santunan. Mereka berasal dari lingkungan sekitar kampus UMJ, Yayasan Assa’adah, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Depok.

Kehadiran Chargé d'Affaires Ad Interim Kedubes Tiongkok Zhou Kan beserta tim disambut hangat oleh Ketua Badan Pembina Harian UMJ Prof. Abdul Mu’ti, M.Ed, didampingi Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dan Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra, SH., MH,.

Dalam sambutanya, Rektor UMJ Prof. Ma'mun Murod menerima baik kedatangan dan kegiatan yang dinisiasi kedua kalinya oleh Kedubes Tiongkok. Ia menjelaskan bahwa UMJ telah melakukan berbagai kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Tiongkok.

"Kita sudah memiliki hubungan yang baik, seperti kerja sama. Belum lama ini FT UMJ telah menerima bantuan dari Yangzhou Polythecnic Institute," ungkap Ma'mun.

Lebih lanjut, Mamun berharap kegitan ini menjadi agenda rutinan di bulan Ramadan. Tidak hanya itu, ia juga ingin hubungan ini bisa dilanjutkan dengan kerja sama lainnya, salah satunya pembuatan pusat kebudayaan Islam Tionghoa di UMJ.

Kemudian, Ma'mun mendorong pemerintah Tiongkok mengambil peran dalam membantu penyelesaian konflik di Palestina.

"Bulan Ramadan mengajarkan kita tentang kemanusiaan. Harapan kami pemerintah Tiongkok dapat berperan lebih jauh dalam membantu konflik tersebut," harap Ma'mun.

Pernyataan tersebut disambut baik oleh Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Zhou Kan. Ia menghargai Indonesia sebagai salah satu negara Islam terbesar.

Terkait penyelesaian konflik di Palestina, Zhou Kan menegaskan bahwa Tiongkok mendukung pembebasaan Palestina dan turut berpartisipasi aktif dalam kerja sama degan negara-negara Timur Tengah.
"Kami bersedia kembali menjalin hubungan kerja sama dalam agama, kebudayaan, kesejahteraan, ekonomi, dan lain sebagainya," ucap Zhou Kan.

Dalam sesi lain, Kordinator Yayasan Yatim PDM Depok Zaenal Muttaqien mengungkapkan rasa terima kasih telah memperhatikan beberapa panti asuhan di sekitar lingkungan universitas.

"Semoga UMJ dapat berkembang lagi, terlebih lagi dengan adanya kerja sama dengan pemerintah tiongkok. Tentu, berharap bisa memberikan manfaat yang lebih luas lagi," tutur Zaenal.

Acara yang berlangsung dengan penuh kehangatan ini diisi dengan beberapa penampilan mulai dari Nasyid Yayasan Assa'adah, Tari Saman dari UKM Tera Senja, dan Penampilan Angklung dari SD FIP Labschool UMJ.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tahun 2023 ditutup oleh Kwartir Wilayah Hizbul Wathan (HW) Sulawesi S....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah — Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumbar menyelenggarakan dan b....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

Pesan Menyentuh dari Kyai Hasan Asy’ari Ulama’i Oleh: M.Adam Ilham Mizani (Aktivis IMM ....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Berita

Rumuskan Lima Langkah Strategis Majukan Kampus SINJAI, Suara Muhammadiyah - Dr. Suriati, M.Sos.I me....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi mengatakan bahwa kampusn....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah