Relawan Psikososial UMP Terjun Langsung Bantu Penyintas Banjir di Demak

Publish

21 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
133
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Galang Dana untuk Ringankan Beban Masyarakat Terdampak

DEMAK, Suara Muhammadiyah - Komunitas Relawan Psikososial Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menerjunkan relawan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. 

Komunitas Psikososial menurunkan sedikitnya 7 personil relawan yang akan melaksanakan respon pada tanggal 11-13 Februari 2024 pada kloter pertama dan sebanyak 6 orang personil relawan pada tanggal 15-18 Februari 2024 di kloter kedua. 

Ketua Komunitas Relawan Psikososial Garda Sukma Kirana mengatakan ada beberapa pos pelayanan yang kami datangi di sekitar kecamatan gajah. 

"Kami melakukan beberapa kegiatan, seperti senam pagi yang diikuti oleh para orang tua, sekolah ceria dan fun games yang diikuti anak - anak dan balita, serta kami juga melalakukan psychological first aid untuk semua kalangan," katanya saat dikonfirmasi di Purwokerto, Selasa (20/2/2024). 

Relawan lain dari mahasiswa Psikologi UMP Nandha mengatakan, masyarakat menyambut baik dan kooperatif dengan berbagai kegiatan yang telah disiapkan. 

“Saat kami datang memang belum ada relawan psikososial yang ada di posko pelayanan, sehingga masyarakat terutama anak anak sangat menyambut baik dan kooperatif dengan berbagai kegiatan yang kami berikan. Begitu pula dengan para dewasa dan lansia, mereka sangat terbuka dan enjoy saat kami ajak untuk berinteraksi,” jelasnya. 

Pembina Komunitas Relawan Psikososial Dr Ugung Dwi Ario Wibowo SPsi MSi menambahkan, dengan diturunkannya Komunitas Relawan Psikososial Fakultas Psikologi UMP dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mental masyarakat terdampak. 

Lebih lanjut ia mengatakan, aktivitas Komunitas Relawan Psikososial UMP bersama dengan mahasiswa psikologi se-Jawa Tengah dilakukan di bawah koordinasi HIMPSI wilayah Jawa Tengah.

"Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mental masyarakat yang terdampak banjir. Sinergi antara relawan dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam membantu mereka mengatasi tantangan ini," pungkasnya.

Galang Dana 

Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar kegiatan galang dana untuk membantu penyintas banjir di Demak-Kudus. Kegiatan ini berlangsung dari Kamis hingga Sabtu, tanggal 15-17 Februari 2024.

Sejumlah lembaga dan komunitas KM Fakultas Psikologi, termasuk BEM, DPM, IMM Fakultas Psikologi, Eksekutif Muda, Komunitas Relawan Psikososial, Sanggar, dan Megapsi, bekerja sama dalam penggalangan dana ini. Proses pengumpulan dana dilakukan selama 3 hari secara online dan melibatkan partisipasi langsung di beberapa titik strategis.

Menurut Garda Sukma Kirana, ketua Komunitas Relawan Psikososial, kegiatan turun ke jalan melibatkan beberapa titik seperti pertigaan MAN 1, perempatan Kaliputih, perempatan Gili Miring, perempatan Aston, dan perempatan Sangkal Putung.

Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui HIMPSI, yang saat ini masih bekerja sama dengan tim relawan psikologi UMP di lokasi bencana.

R. Ach. Hanif Alimmuttaqin, presiden BEM Psikologi periode 2023/2024, berharap bahwa kegiatan galang dana ini dapat memberikan bantuan yang signifikan kepada sesama saudara yang terdampak di Demak-Kudus. 

Ia berharap donasi yang terkumpul dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan mencapai sasaran yang tepat. (ndh/ppl/tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Surakarta (....

Suara Muhammadiyah

11 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 18 PDM Kabupaten/Kota menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil)....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Suasana gembira menyelimuti Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, K....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

TOKYO, Suara Muhammadiyah - "Berdirinya PCIA dan PCIM menjadi salah satu bukti bahwa program interna....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Faculty of Economics & Muamalat Universiti Sains Islam Malay....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah