Reuni PRIM NSW Australia di Surabaya, Kuatkan Komitmen Kemuhammadiyahan

Publish

5 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
283
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Reuni PRIM NSW Australia di Surabaya, Kuatkan Komitmen Kemuhammadiyahan

Nurhira Abdul Kadir, Ketua PRIA NWS Australia 2021-2022 (unofficial)

Tidak mudah melupakan kenangan terhadap sebuah tempat terlebih jika di tempat tersebut terbangun talian ukhuwah yang erat dan hangat dalam sebuah organisasi, Persyarikatan Muhammadiyah. Orang bersedia datang ratusan kilometer jalur darat ataupun udara agar dapat berjumpa, membagi semangat, cerita-cerita lama baik yang lucu, sedih ataupun serius, yang ketika telah dilewati akhirnya menjadi hal memperkaya batin dan menyenangkan untuk dikenang bersama.

Sabtu, 3 Februari 2024, di Surabaya, Bapak Muhamad Fauzi Irawan, Ketua Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales (PRIM NSW) 2016-2017 beserta Ibu Fenti Setijowati merayakan kesyukuran untuk pernikahan putra beliau, Muhamad Rizqi Irawan dengan Dahlia Damayanti di Surabaya. Acara berlangsung sangat meriah dan berbahagia dengan kehadiran tamu yang turut medoakan kedua mempelai, termasuk di antara tetamu adalah dari keluarga besar PRIM NSW baik yang sudah ‘alumni’ ataupun yang masih aktif. 

Di antara ‘alumni’ PRIM NSW yang hadir adalah Pak Muhammad Sayuti (Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pak Andi Bawono (Bendahara Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Pak Heri Susanto, dokter Riana Rahmawati, Pak Muhammad Mubin (Direktur MBS Pleret), Ibu Tenny (PCIA Australia, Melbourne), Haidir Fitra Siagian (Ketua PRIM NSW Australia 2021-2022). Sementara tamu yang merupakan anggota aktif PRIM NSW yang hadir dari Sydney, Australia adalah Pak Misbahuddin dan istri.

Tinggal menetap di Australia bersama keluarga, Pak Iwan, demikian panggilan akrab Pak mantan ketua PRIM NSW ini, masih sangat aktif dalam mendukung kegiatan PRIM NSW. Walhasil dalam acara nikahan ini, tamu-tamu yang dulunya aktif berkiprah menghidup-hidupi PRIM NSW saat menjadi pelajar atau mendampingi istri/suami bersekolah di Australia berasa reuni. Saat tamu-tamu dari PRIM NSW tiba, terdengar Pak Iwan, berpesan kepada pihak protokoler acara agar memfasilitasi tamu-tamu PRIM duduk di barisan yang berdekatan, memungkinkan keluarga bertukar kabar baru dan kisah lama di antara meriahnya acara.

Salah satu yang paling dinanti dalam reuni dadakan ini adalah penguatan komitmen bersama untuk turut mendukung kemajuan PRIM NSW meski telah berada jauh dari Australia. Rupanya, narasumbernya hadir komplit hari itu. Di sela kesibukan menyambut tamu, Pak Iwan dan Mbak Fenti, masih menyempatkan nimbrung menceritakan situasi terakhir tentang PRIM NSW dan kemajuan urusan pendirian amal usahanya. Alhamdulillah pula, pak Muhammad Sayuti, baru saja tiba dari kegiatan rembug amal usaha PRIM NSW dirangkaikan peluncuran buku pertama antologi “Merekah Sinar di Bumi Australia”. 

Dikirim oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk berangkat ke Australia memantau kemajuan pendirian amal usaha PRIM NSW, ternyata memiliki makna khusus buat Mas Sayuti sebab beliau merupakan salah satu perintis aktif berdirinya PRIM NSW. Alhamdulillah, berita yang disampaikan dalam ‘reuni’ dadakan sangat menggembirakan. Meskipun rencana pendirian sekolah masih memerlukan jalan yang berliku mengingat kompleksnya urusan perizinan dan aturan pemerintah Australia terkait pendirian fasilitas sekolah, warga ‘alumni’ PRIM NSW di tanah air merasa sangat berbesar hati sebab upaya-upaya yang dilakukan oleh PRIM NSW dalam pendirian amal usaha saat ini terus menunjukkan geliat yang menggembirakan. Ghirah warga New South Wales dalam bermuhammadiyah semakin kuat dan jumlah warga yang aktif semakin meningkat. 

Selepas sholat dzuhur berjamaah pasca acara pernikahan, warga ‘alumni’ PRIM masih menyempatkan kembali berkumpul bersama. Rupanya, acara reuni sulit berakhir begitu saja. Bahkan, beberapa keluarga yang belum sempat hadir menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhumah ibu Anal Mudrik Wiqoyati atau Mbak Awiq, istri dari pak Nurwanto, ketua PRIM NSW 2019-2020 yang berpulang bulan lalu, 25 Januari 2024 lalu kembali janjian ingin jumpa lagi, bersama mengunjungi keluarga almarhumah di Yogyakarta. Komitmen kebersamaan alumni untuk mendukung PRIM NSW, mudah-mudahan menjadi penyemangat untuk kemajuan PRIM New South Wales, secara khusus, dan Muhammadiyah di manapun berada.

Laporan dari Apartemen PuriMas, Surabaya, pagi 4 Februari 2024


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Ibadah puasa Ramadan mengajarkan umat Islam  untuk selalu bertindak ....

Suara Muhammadiyah

10 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Launching Universitas Muhammadiyah Barru (UMB) menjadi UNMUH BARRU. A....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada malam ini ceramah tarawih diisi oleh dr.H. Taufiqurrahman, Sp.....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (9) Oleh: Mohammad Fakhrudin dan Iyus Herdiana Saputra Banyak....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah