SD Muhammadiyah Pepe Pelopor Implementasi “SEGARMU”

Publish

12 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
382
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Implementasi Senam Bugar Muhammadiyah (SEGARMU) di SD Muhammadiyah Pepe Trirenggo Bantul langsung digeber usai guru PJOK-nya mengikuti sosialisasi yang diadakan Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) PDM Bantul. Menurut guru PJOK Hariyatun, di sekolahnya pekan ini sudah mulai menyampaikan materi SEGARMU ke semua siswa pada jam pelajaran olahraga.

Guru PJOK yang lain Ismawati menilai SEGARMU bagus, karena memberi warna baru dalam hal senam, terutama menampilkan ciri khas sebagai senamnya Muhammadiyah. Untuk gerakan senam anak sekolah juga menarik, karena energik dan variatif. Menurutnya, SEGARMU bermanfaat untuk menambah kebugaran jasmani yang implikasinya kondusif untuk ketenangan rohani anak-anak dan siapapun yang teratur mempraktikkannya.

Didukung kepala sekolah

Implementasi SEGARMU di SD Muhammadiyah Pepe didukung oleh Kepala Sekolah Hanif Kurniawan. Menurut Hanif, senam sehat adalah bagian penting dari pendidikan karena memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan siswa, staf, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Implementasi senam SEGARMU di sekolahnya, menurut Hanif sebagai dukungan pengembangan sarana dakwah Muhammadiyah melalui jalur olahraga, yang dibina oleh LPO PDM Kabupaten Bantul. Hanif mengintegrasikan SEGARMU ini dalam kurikulum sekolah, dengan waktu yang telah ditentukan untuk aktivitas fisik yang terstruktur.

Sebagai bentuk dukungan, Hanif akan menyediakan pelatihan kepada guru-gurunya untuk memastikan mereka memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya senam sehat, serta cara melaksanakan SEGARMU dengan benar. Pihaknya memastikan, fasilitas seperti lapangan olahraga, aula, dan peralatan yang diperlukan tersedia dan dalam kondisi baik untuk melaksanakan SEGARMU.

Hanif mendorong SEGARMU agar diikuti oleh semua siswa. “Kami akan mempromosikan gaya hidup sehat di antara siswa dan staf sekolah kami, termasuk melalui edukasi tentang makan sehat dan seimbang dan pentingnya aktivitas fisik melalui SEGARMU”, ungkap Hanif.

Sekolah akan mendorong partisipasi orang tua dalam mendukung senam sehat SEGARMU, dan memastikan gaya hidup sehat bagi anak-anaknya. Secara berkala sekolah akan mengevaluasi efektivitas program SEGSARMU ini, dan mengukur dampaknya terhadap kesejahteraan siswa.

 “Saya yakin bahwa dengan mengadopsi dan mendukung senam sehat SEGARMU, kami akan menciptakan lingkungan yang lebih sehat, lebih produktif, dan lebih bahagia di sekolah ini,” tegas Hanif.  Senam sehat menurut Hanif bukan hanya tentang tubuh yang sehat, tetapi juga penting untuk mendukung kesejahteraan mental dan kemampuan siswa untuk belajar dengan baik.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TAIPEI, Suara Muhammadiyah - Madrasah Mu’allimaat dan Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta melaku....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

ACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh menyelenggarakan Pengajian Ramad....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PCM Umbulharjo menyelenggarakan Pengajian Pimpinan setiap Sab....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka penguatan kader sebagai mubaligh muda yang sesuai d....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Program Studi Psikologi UM Bandung Riyanda Utari mengataka....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah