Semai Pengetahuan Kependudukan, Dosen FKM Unimus Terbitkan Buku

Publish

21 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
128
Mifbakhuddin, SKM., MKes, Dosen FKM Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah

Mifbakhuddin, SKM., MKes, Dosen FKM Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), Mifbakhuddin, SKM., MKes berhasil menerbitkan buku referensi berjudul "Referensi Kependudukan dan Kesehatan Masyarakat." Buku setebal 95 halaman ini disusun untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ilmu kependudukan. Yakni sebuah cabang ilmu yang meneliti berbagai aspek terkait jumlah, distribusi, struktur, pertumbuhan, dan karakteristik penduduk.

Dengan memfokuskan pada konsep, teori, dan metodologi dalam ilmu kependudukan, buku ini menyoroti hubungannya dengan perkembangan sosial dan ekonomi. Buku ini terdiri dari 12 bab yang membahas berbagai aspek terkait ilmu kependudukan, mulai dari konsep, teori, dan metodologi, hingga hubungannya dengan perkembangan sosial dan ekonomi.

Aspek-aspek seperti perubahan pola kelahiran, tingkat harapan hidup, migrasi, dan struktur usia penduduk diangkat sebagai kajian utama. Evaluasi dampaknya terhadap sektor-sektor penting seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kebijakan publik menjadi bagian integral dari pembahasan.

Mifbakhuddin mengatakan bahwa buku ini ditulis untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ilmu kependudukan, terutama dalam konteks dinamika masyarakat yang terus berkembang. "Saya berharap buku ini dapat menjadi sumber rujukan yang bermanfaat bagi mahasiswa, peneliti, dosen, akademisi, praktisi, dan pemangku kebijakan di bidang kesehatan masyarakat," katanya pada Rabu (21/2).

Pada saat yang sama, Mifbakhuddin menyebut buku ini ditujukan untuk berbagai pembaca yang tertarik untuk mendalami ilmu kependudukan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Melalui materi yang disajikan, Mifbakhuddin mengharapkan agar para pembaca dapat mengidentifikasi tantangan, peluang, dan kontribusi ilmu kependudukan dalam konteks perencanaan pembangunan secara berkelanjutan. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - ”Tidak terasa pada hari ini kita telah melewati hari ke-4 Ram....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pemilu 2024 di depan mata. Pada Rabu (14/2) mendatang, seluru....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) menggelar Resepsi Milad Ke-111 Mu....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah—Edukasi pasar modal terhadap masyarakat menjadi aspek krusial d....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

JEMBER, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM Balung) gelar giat donor dara....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah