Seni, Budaya, dan Olahraga sebagai Medium Gerakan Dakwah Muhammadiyah

Publish

27 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
582
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Bersama Lembaga Seni Budaya dan Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara resmi dibuka pada Jumat (27/10). Pembukaan dilaksanakan di Lantai 5 Gedung Ar Fachrudin B Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dipimpin oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi. 

Dalam memberikan amanatnya, Haedar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan digelarnya kegiatan tersebut. Menurutnya, Rakernas ini menjadi penting di sebagai upaya untuk merumuskan sekaligus memperkaya khazanah-khazanah pemikiran hal ihwal seni, budaya, dan olahraga yang telah hidup subur di tubuh Persyarikatan Muhammadiyah.

Menurut Haedar, substansi dari seni, budaya, dan olahraga mencakup dari bagian dari seluruh denyut nadi gerak aktivitas umat manusia baik secara individual maupun secara kolektif. Dengan kata lain, umat manusia dalam menjalani aktivitasnya tidak lepas dari ikatan seni, budaya, dan olahraga.

“Kita ini hidup tidak lepas dari seni, budaya, dan olahraga. Dalam konteks gerakan Muhammadiyah, itu juga bukan sesuatu yang asing. Terutama untuk seni budaya yang berkaitan dengan aspek-aspek yang bersifat kesenian dan kegiatan kebudayaan yang bersifat khas. Di situ Muhammadiyah punya tradisi yang panjang,” ujarnya.

Pada aspek seni, di zaman dulu terdapat seni drumband. Seni ini yang menjadi kekhasan di Muhammadiyah. Selain itu, juga ada seni baca Al-Qur’an sebagai pantulan dari seni budaya yang bersifat keagamaan. Lalu terdapat juga kegiatan-kegiatan lain bagian dari seni seperti paduan suara yang dilakukan oleh elemen warga masyarakat lewat pembentukan komunitas tertentu.

Kondisi belakangan ini, menunjukkan eksistensi seni, budaya, dan olahraga hidup begitu rupa di kehidupan kampus Muhammadiyah-Aisyiyah. Khususnya olahraga, yang banyak diaktualisasikan lewat penyelenggaraan seperti sepeda gembira dan jalan sehat. Bagi Haedar, satu hal pokok yang perlu dipersiapkan serta dimatangkan ke depan adalah memobilisasi kegiatan seni, budaya, dan olahraga agar menjadi ekosistem gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah.

“Maka, kita perlu lebih banyak melakukan aktualisasi ekspresi seni, budaya, dan olahraga kita yang memang tradisinya kuat,” katanya.

Pada aspek seni dan budaya, Haedar meminta untuk dikapitalisasi dengan aneka kegiatan yang kreatif dan inovatif. Ini sangat penting, sebab memiliki peran untuk penting Muhammadiyah dalam berdakwah di lingkungan umat, jamaah, dan warga masyarakat secara luas. Sebab, menurutnya dakwah seni, budaya, dan olahraga spektrumnya sangat inklusif dan universal.

“Ini media atau pranata yang paling inklusif dan paling universal. Di situ tidak ada lagi sekat batas agama, suku, ras, golongan, pilihan politik, dan lain sebagainya. Ketika berseni budaya dan olahraga semuanya menjadi mengalir begitu rupa,” tuturnya.

Oleh karena itu, Guru Besar Ilmu Sosiologi UMY ini meminta untuk mempertajam, memperkuat, sekaligus memperluas media seni, budaya, dan olahraga. Ini dilakukan untuk kepentingan gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah di masa depan. “Lewat seni, budaya, dan olahraga, kita bisa menjangkau semua lapisan masyarakat, golongan, dan sosial,” tegasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Peluang kerja alumni Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (18/01) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yo....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh bersama LAZISMU, MDMC ACEH dan Or....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan ....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Koperasi Simpan Pimpinan dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul M....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah