Sunmor UMP Rayakan Ulang Tahun ke-2, Launching Aplikasi Warung UMKM

Publish

7 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
164
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berinovasi dengan meluncurkan aplikasi "Warung UMKM" dalam rangka merayakan ulang tahun ke-2 Sunday Morning UMP. Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, mengungkapkan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berjualan di area kampus.

Pada awalnya, kegiatan "Sunday Morning UMP" dimulai sebagai respons terhadap kesulitan para pelaku UMKM selama masa pandemi, di mana mereka kesulitan menemukan tempat untuk berjualan. "Ahad Pagi mereka jualan dan Alhamdulillah sampai sekarang 2 tahun tidak terhenti bersama dengan kegiatan-kegiatan lain," ungkap Rektor Jebul Suroso.

Selama dua tahun, kegiatan ini tidak hanya memberikan tempat bagi para pedagang UMKM untuk berjualan tetapi juga telah menjadi wadah positif dengan dampak yang signifikan. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-2 Sunday Morning UMP, berbagai kegiatan diadakan di kampus, termasuk sepeda sehat, pendaftaran untuk bus Trans Banyumas, kegiatan donor darah, dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Rektor Jebul Suroso juga menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru di UMP terus meningkat, dengan 2000 mahasiswa mendaftar tahun ini. UMP berkomitmen untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada 5.900 mahasiswa baru dari seluruh Indonesia dan internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Sunday Morning UMKM Binaan UMP, Anjar Setiawan, mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan yang diberikan kepada para pelaku UMKM. 

Dia menjelaskan bahwa sebagian besar pedagang telah beralih ke platform online, dengan 99% di antaranya menggunakan aplikasi verifikasi secara online.

Dengan meluncurkan aplikasi "Warung UMKM," UMP berupaya memperluas jangkauan dan mendukung pertumbuhan UMKM yang berada di lingkungan kampus. 

“Aplikasi ini juga dihubungkan dengan platform perdagangan online seperti Shopee, Grab, dan Gojek membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM untuk berkembang dan meraih pasar yang lebih luas,” pungkasnya.(tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menorehkan prestasi gemilang ....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

PASAMANBARAT, Suara Muhammadiyah - Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Pimpinan Daerah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 86 Unit V A.2 be....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Atlet dari Pimpinan Cabang Tapak Suci Putera Muhammadiyah (PC TSPM) UM....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Rakyat Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi akbar pada pemil....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah