UAD Akan Adakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Bola

Publish

6 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi terlewati baik kemuliaan dan keutamaannya. Dan ini menjadi sebuah kenikmatan bagi umat Islam yang tidak dapat diukur dengan suatu apapun. Kebahagiaan bertemu dengan Ramadhan tahun 1445 H ini termasuk nanti bertemu dengan hari raya idul fitri, dan semua itu karena kehendak Allah SWT.

Hari raya idul fitri menjadi agenda terakhir dalam menyemarakan bulan suci Ramadhan. Salah satunya Ramadhan Di Kampus (RDK) Universitas Ahmad Dahlan yang telah menyediakan berbagai macam program, di antaranya: Takjil buka puasa 3000, Kajian Jelang Berbuka, Ceramah dan shalat tarawih, Kajian Dhuha, Bazaar Ramadhan, Kajian Intenshif Islamic Corse, Santunan Dhuafa, Haflah Qori dan Tabligh Akbar, Pengajian Struktural Pimpinan, Lomba semarak Ramadhan UAD, Lomba semarak Ramadhan Pelajar, program i'tikaf 10 hari terakhir dan agenda penutupnya yaitu shalat idul fitri.

Pada agenda shalat idul fitri tahun ini, menjadi hal yang pertama kalinya Universitas Ahmad Dahlan menetapkan lapangan sepak bola di bagian timur kampus IV menjadi tempat shalat idul fitri. Ketua Ramadhan Di Kampus UAD yaitu Yahya Hanafi bahwa agenda terakhir ini bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamanan dan Takmir Masjid al-Ikhlas Kemutug serta para Relawan RDK yang tidak mudik. 

"Sebelumnya, Shalat Idul Fitri dilaksanakan di halaman utama dan area parkir UAD yg berada di sebelah utara Masjd IC. Shalat Idul Adha tahun 1444H yg lalu juga dilakukan di Lapangan, jadi ini kali kedua Pelaksanaan Shalat Id di Lapangan UAD. Pertama Idul Adha yang lalu, dan sekarang Idul Fitri 1445H." Terangnya.

Pada hari Kamis (28/03) Panitia RDK UAD bekerjasama dengan Tim Arah Kiblat dipimpin oleh Yudhiakto Pramudya Ph.D. telah menetapkan kiblat di lapangan bola UAD. Alasan di pilih lapangan, Yahya menyampaikan bahwa ini adalah tempat strategis untuk dilaksanakannya shalat idul fitri.

Kemudian, pada hari Rabu (10/04) Rektor UAD yaitu Prof. Dr. Muchlas, M.T. berkesempatan menjadi khatib idul fitri dan Alumni UAD yaitu ustadz Rahmadin Munawwaroh, S.Pd. selaku imam shalat idul fitri. 

Terakhir, pesan dari Ketua RDK UAD bagi para pemudik yang melewati arah ringroad Selatan pada hari pelaksanaan shalat idul fitri, bisa ikut merasakan suasana shalat idul fitri di lingkungan kampus utama UAD. (Badru Tamam)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TELUK KUANTAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang ke-16 Muhammadiyah, Aisyiyah dan Nasyiyatul Ai....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddi....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Butuh dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Al....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Wakil Rektor IV Bidang Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Kerja Sama Univer....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syafiq A Mughni, ....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah