Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci Jetis Diikuti 110 Peserta

Publish

6 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
198
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Cabang Jetis Bantul Yogyakarta, Ahad (28/1/24) melaksanakan ujian kenaikan tingkat siswa (UKTS). Kegiatan berlangsung di Kompleks SD Muhammadiyah 1 Blawong, dan diikuti 110 peserta dari tingkat siswa dasar hingga siswa III. 

Kegiatan dibuka oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis Hendro Suwarno, SE. “Ujian ini tidak sekedar tahap penting dalam evaluasi capaian keterampilan beladiri, namun  juga menjadi bagian integral memelihara nafas perkaderan untuk memperkukuh gerakan Muhammadiyah,” ungkap Hendro dalam sambutannya.

Hendro optimis, 110 peserta ujian yang berasal dari berbagai kelompok tingkatan ini menunjukkan dedikasi dan semangat yang tinggi calon-calon pewaris gerakan Muhammadiyah yang siap menghadapi dinamika tantangan sesuai zamannya. 

Pendekar Arif Satria Budiman, Ketua Tapak Suci Cabang Jetis menjelaskan kegiatannya  yang melibatkan para pendekar dan kader yang kompeten sebagai penguji. “Para penguji menilai peserta berdasarkan kriteria-kriteria yang ketat, termasuk teknik dasar, kelincahan, kekuatan fisik, dan pemahaman terhadap Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” ujar Arif.

Arif menambahkan, selain berkegiatan di Kompleks SD Muhammadiyah 1 Blawong, ujian juga berlangsung di kawasan Bukit Permoni dengan kegiatan susur lembah dan pegunungan. “Sebagai kompetensi penunjang, kegiatan UKTS ini juga diwarnai dengan materi ketrampilan lempar pisau dan sumpit,” ungkap Arif.

Arif mengapresiasi semangat dan komitmen peserta selama proses ujian. Pihaknya optimis, di antara mereka yang naik ke tingkat siswa IV pada akhir tahun 2024 nanti dapat mengikuti Latihan Kader Pimpinan Tapak Suci (LKPTS) Pimda 02 Bantul. “Tentu kami bangga dan bersyukur bila Cabang Jetis dapat berkontribusi melahirkan kader muda baru lulusan LKPTS sebagai penyambung estafet perguruan dan Muhammadiyah,” tandas Arif. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM)  Kaliwiro Kab. Wonosobo ada....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah saat ini berada dalam pusaran Ideologi dan dinamika kehidup....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Tim Risetmu Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) t....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Sejumlah Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad....

Suara Muhammadiyah

22 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Sidang Ter....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah