UM Kupang dan PCIM Malaysia Sepakati Kerjasama Internasional

Publish

30 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
408
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia (PCIM) telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama bilateral di bidang pendidikan dan penelitian. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Prof.Dr. Zainur Wula,S.Pd.,M.Si dan Wakil Ketua  Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia, Fauzi Fatkhur dan Ketua Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PCIM Malaysia  Moch Muhajir.

Dalam sambutannya, Prof.Dr. Zainur Wula,S.Pd.,M.Si menyampaikan rasa syukur dan antusiasme atas kerjasama ini. Dalam pertemuan tersebut membicarakan tentang kegiatan internasionalisasi Universitas Muhammadiyah Kupang dan dalam upaya mengimplemnetasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Malaysia dengan bantuan PCIM Malaysia terutama berkaitan dengan kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Ia menjelaskan bahwa kerjasama ini akan membuka peluang baru bagi kedua lembaga untuk saling menguntungkan dalam hal pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama di tingkat Internasional khusunya dalam pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. 

Selain itu, kerjasama ini juga akan fokus pada pertukaran penelitian dan pengembangan bersama dalam bidang-bidang yang relevan. Kedua belah pihak berharap dapat meningkatkan kapasitas akademik dan kontribusi pengetahuan yang bermanfaat .

Wakil Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia, Fauzi Fatkhur dan Ketua Majelis Pendidikan dan Kebudayaan PCIM Malaysia ., menyambut baik langkah ini sebagai upaya bersama untuk memajukan pendidikan Muhammadiyah.

"Kami yakin kerjasama ini akan membawa manfaat besar, tidak hanya untuk institusi kami masing-masing, tetapi juga untuk perkembangan pendidikan Al Islam  dan Kemuhammadiyahan  Nota kesepahaman ini mencakup berbagai aspek kerjasama,  kerjasama penelitian, PKM Internasional bagi dosen, dan kegiatan bersama lainnya. Kedua belah pihak sepakat untuk segera mengimplementasikan program-program ini demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi penelitian di kedua institusi.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi model bagi kerjasama lintas negara lainnya dalam jaringan Muhammadiyah, memperkuat hubungan antara lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia dan Malaysia. (Hendra A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Generasi angkatan Muda Muhammadiyah harus punya jiwa tajdid yang besar....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Pematang menggelar pering....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan selama seming....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Te....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan menggelar kegiatan Gebyar Kre....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah