UMP Resmi Meluncurkan 100 Titik Taman Baca Masyarakat

Publish

23 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
174
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) secara resmi meluncurkan program "Titik Baca" di 100 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di berbagai wilayah di Banyumas. Acara peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan akses literasi masyarakat dan mendukung pengembangan minat baca di kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa.

Kepala Perpustakaan UMP, Riski Tri Wismanawati, S.Hum., menjelaskan program ini merupakan bagian dari upaya UMP dalam memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. "Titik Baca di TBM ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan informal yang membantu meningkatkan literasi masyarakat," ungkap Riski saat ditemui di Purwokerto, Kamis (23/11/2023). 

Dalam acara peluncuran ini, Riski menyampaikan Perpustakaan UMP berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif literasi masyarakat. "Kami berharap dengan adanya Titik Baca di TBM, masyarakat dapat lebih mudah mengakses bahan bacaan yang bermutu dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan," tambahnya.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, turut memberikan dukungan penuh terhadap program ini. Menurutnya, kegiatan tersebut selain memberikan dukungan literasi di lingkungan UMP juga akan bernilai ibadah, ilmiah dan amaliah. Pembagian titik baca digital dari perpustakaan UMP merupakan transformasi pengelolaan perpustakaan UMP berbasis digital sebagai corak Muhammadiyah yang selalu berkeinginan menjadi trend center bukan lagi follower.

"Literasi adalah kunci penting dalam menghadapi tantangan zaman. UMP berusaha memberikan kontribusi nyata melalui program Titik Baca ini untuk meningkatkan daya baca masyarakat," ujar Rektor.

Rektor menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan Titik Baca di TBM. "Kita semua memiliki peran dalam menciptakan lingkungan literasi yang kondusif, dan program ini adalah langkah awal yang signifikan," ungkapnya.

Program Titik Baca di TBM ini melibatkan kerjasama antara UMP, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang maksimal untuk pengembangan literasi di masyarakat. 

Gandeng MPI Banyumas

Selain itu, UMP memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan literasi di kalangan pelajar dengan menghibahkan perpustakaan digital bagi sejumlah Sekolah Muhammadiyah. Bekerjasama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, hibah tersebut diharapkan dapat memperluas akses pendidikan di tengah perkembangan teknologi informasi.

Kepala Perpustakaan UMP, Riski Tri Wismanawati, S.Hum., menyampaikan bahwa program hibah perpustakaan digital ini adalah bagian dari komitmen UMP untuk mendukung dunia pendidikan di lingkup Muhammadiyah. "Melalui perpustakaan digital, kami berupaya menghadirkan literasi di era digital ini, memudahkan akses informasi bagi siswa, guru, dan masyarakat," ujar Riski saat ditemui di Purwokerto

Dalam penyaluran hibah ini, Riski menjelaskan bahwa perpustakaan digital dilengkapi dengan koleksi buku digital, dan materi pembelajaran interaktif yang dapat diakses secara online. "Kami berharap perpustakaan digital ini tidak hanya menjadi sarana literasi, tetapi juga merangsang minat baca dan pengetahuan siswa di berbagai tingkatan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua MPI PDM Banyumas, Irfan Fatkhurohman MPd, menyambut baik kerjasama ini. Kerjasama antara UMP dan MPI Banyumas dalam hibah perpustakaan digital akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan akses literasi di kalangan pelajar Muhammadiyah.

Irfan juga menegaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan literasi di era digital. "Dengan adanya perpustakaan digital, kami berharap dapat membantu siswa dan guru dalam mengakses sumber belajar dengan lebih efektif," jelasnya.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menegaskan pentingnya literasi digital di era perkembangan teknologi saat ini. "UMP berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan dukungan maksimal untuk dunia pendidikan. Hibah perpustakaan digital ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memajukan kualitas pendidikan di Sekolah Muhammadiyah," ujar Rektor.

Rektor juga mengajak seluruh pihak terlibat, termasuk guru dan orang tua, untuk aktif mendukung pemanfaatan perpustakaan digital ini. "Kolaborasi antarlembaga dan dukungan bersama akan menjadi kunci keberhasilan implementasi perpustakaan digital di sekolah-sekolah Muhammadiyah," tambahnya.

Menurutnya, hibah perpustakaan digital ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun ekosistem literasi digital yang kuat di lingkungan pendidikan. “Dengan semakin luasnya akses informasi, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang kritis, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” pungkasnya. (tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Majlis Tabligh dan Ketarjihan PDA Pemalang Selenggarakan Bimtek Fasilitator Perempuan Mengaji  ....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag,....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Australia Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) adakan kunjungan d....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa berharap, peran majelis-lembaga ....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse, m....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah