Unmuha Loloskan Puluhan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar

Publish

28 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
174
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 31 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Lulus dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Outbound Angkatan ke-4 tahun 2024.

Program Pertukaran Mahasiswa merupakan program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Koordinator PMM Universitas Muhammadiyah Aceh Maidar, SE, M.Si menyampaikan bahwa ada 88 mahasiswa yang mendaftar pada program tersebut dan yang dinyatakan lulus dalam program PMM 4 tahun 2023 adalah Sebagai Berikut:

Dari Prodi Teknik Sipil terdapat 9 mahasiswa yaitu: Aliswan, Ari Munanda, M. Khalis Fadillah, Teuku Muhammad Syauqi, Vivi Deandra, Rizki Mullah, Aqil Sabiq, Preity Asyiva Laura, Al Farisi.

Dari Prodi Manajemen terdapat 7 mahasiswa yaitu: Muhammad Aqilillah, Feni Yolanda, Laura Safitri, Fakhirah Zharifah, Hafidz Farisi, Putri Nadila, Rihadatuk Aisyi.

Prodi Tadris Bahas Inggris terdapat 2 mahasiswa yaitu Sri Wahyuni dan Sarah Ajani.

Prodi Ilmu Hukum terdapat 5 mahasiswa yaitu: Nadya Qamara, Adhelia Safitri, Sarirah Asyifa Boru S, Nur Mailisa, Jibraltar.

Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat terdapat 4 mahasiswa yaitu: Nurul Anisa, Khansa Nabila, Sylvia Humaira, Silfia Siska.

Prodi Psikologi terdapat 2 mahasiswa yaitu: Nonita Sugi Yanti, Ralian Sepriansi Bekhuh.

Prodi Akuntansi 1 perwakilan mahasiswa yaitu Sylva Gebrina Ridzqy 
dan yang Prodi Tadris Matematika 1 mahasiswa yaitu Ilham Wahyudi

Yang mana selama 1 Semester menempuh pendidikan di Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, Universitas Tanjungpura, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Nusa Cendana, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kemudian, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjadjaran,  Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Islam Sultan Agung, dan Universitas Sanata Dharma.

Pada kesempatan itu juga. Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) kembali menerima 87 mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 Tahun 2024 dari 57 Perguruan Tinggi di Luar Pulau Sumatera.

Kampus Mengajar

Sementara itu, sebanyak 40 mahasiswa Unmuha juga lulus dalam program Kampus Mengajar Angkatan ke-7 Tahun 2024 yang merupakan program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemedikbud Ristek.

Koordinator Program Kampus Mengajar Unmuha, Ulia Hanum, S.Si., M.Si. melaporkan bahwa sejak dibuka pendaftaran sebanyak 73 mahasiswa yang mendaftar dalam program ini.

Adapun program kampus mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan bakat, semangat, dan inovasi yang dimilikinya.

Selain itu melalu program ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk bisa memperluas cita-cita serta wawasannya diluar kampus.

Tentu, untuk bisa ikut dalam program Kampus Mengajar ini terdapat beberapa tahap seleksi yang harus dilewati oleh mahasiswa, adapun seleksinya dimulai dari seleksi administrasi, verifikasi dokumen, pengalaman mengajar dan tes online yang meliputi literasi numerasi, survei kebhinekaan dan value clarification test.

Nantinya para mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam program kampus mengajar akan ditempatkan di beberapa sekolah yang terakreditasi c dan daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Untuk diketahui, Mahasiswa Unmuha yang lulus dalam Program Kampus Mengajar terdiri dari 7 Prodi yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Akuntansi, Prodi Tadris Bahasa Inggris, Prodi Arsitektur, Prodi Tadris Matematika, Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Kesehatan Masyarakat.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Putera Muhammadiyah kota Makassar meraih juara umum pertam....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sy....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Majelis Pendidikan Dasar, Pendidikan....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syafiq A Mughni, ....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 4 Depok menjadi satu-satunya SMA di Depok yang menjadi ....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah