Wisuda UMJ ke-78 di Milad ke-68 serta Dukungan Untuk Palestina

Publish

28 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
249
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJi menggelar wisuda lulusan UMJ untuk Program Doktor Ke-9, Magister Ke-47, Sarjana Ke-78, dan Diploma Tiga di Auditorium KH. A Ahmad Azhari Basyir, Gedung Cendekia UMJ, Selasa (21/11/23 ) dan Rabu (22/11/2023). Dengan Jumlah Wisudawan sebanyak 2.030 orang, terdiri dari lulusan Program Doktor 4 orang, Magister 215 orang, Sarjana Strata Satu 1.804, dan Program Diploma Tiga 7 orang. Wisudawan terbaik diraih oleh Muhammad Mahmudi dari Program Studi Magister Hukum Fakultas Hukum dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0.

Wisuda kali ini dilangsungkan selama dua hari, dengan sesi pertama untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum. Sesi kedua untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).  dan Fakultas Teknik. Total hari pertama UMJ mengukuhkan 1.028 orang wisudawan.

Kemudian, di hari kedua berlangsung wisud untuk Fakultas Pertanian (Ftan), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), serta Sesi kedua untuk Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Sekolah Pascasarjana (SPS), dengan total wisudawan 1.002 orang wisudawan.

Dalam wisuda kali ini, Rektor memberikan sambutan kepada para wisudawan bahwa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan tolak ukur, tetapi kejujuran, integritas, dan moralitas adalah modal utama bagi para wisudawan. "Sebagian para wisudawan berkisar di usia 22-23 tahun. Tentu dalam proses sudah ada yang jadi, setengah jadi, bahkan belum. Kita (orang tua) harus mengerti bagian dari proses itu," ungkap Ma'mun. 

Pada kesempatan yang sama, Anggota Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Drs. H. Nandi Rahman., M.Kep. juga ikut memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Menurutnya, gelaran pertama wisuda di kampus, perlu disambut dengan gembira. Lebih lanjut, Nandi berpesan para Wisudawan dapat menerapkan ilmunya di masyarakat.

"Banyak kampus memilih menggelar wisuda di luar kampusnya. Kita harus mengungkapkan bangga dan rasa gembira, UMJ layak menyelenggarakan wisuda di kampus," jelas Nandi.

Selain itu, Anggota Ikatan Alumni (Ikalum) UMJ Ahmad Kamil, SE., MM., MAP., mengucapkan selamat kepada para wisudawan telah menyelesaikan tahap akhir dalam prosesi perkuliahan. Menurutnya, tidak hanya berhenti disitu, ini merupakan sebuah awal dari proses kehidupan. 

"Saat ini sudah mencapai proses akhir perkuliahan, ambil istirahat sejenak dan atur kembali nafas kalian, kami dari IKALUM akan berupaya membantu dalm proses kalian selanjutnya," ungkap Ahmad Kamil.

Ada momen menarik dalam prosesi sidang terbuka Wisuda Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang Ke-78. Dukungan untuk Palestina menyeruak saat Rektor beserta jajaran Senat kompak mengenakan syal bendera Palestina. Paduan Suara Muhamamdiyah (PSM) mempersembahkan sebuah lagu berjudul Atouna El Tuofouli dan Gaza Tonight. Lagu yang menggambarkan penderitaan anak-anak Palestina akibat serangan Israel menggema selama wisuda berlangsung. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan UMJ kepada palestina.

UMJ selalu menunjukan komitmen memberikan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina. Sebelumnya, UMJ menyalurkan bantuan dana untuk Palestina sebesar Rp. 103.823.725,- melalui Lazismu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Senin (13/11/2023).

Di milad ke-68 ini, UMJ juga telah memiliki 14 Prodi dengan akreditasi Unggul, 8 Prodi dengan akreditas Baik Sekali, dan memiliki jumlah dosen bergelar Doktor 231, serta yang sedang studi lanjut ke jenjang S3 sejumlah 99 orang. Pada milad ke-68 ini, Rektor UMJ Prof. Ma’mun Murod, M.Si menaruh harapan untuk UMJ dalam meraih Akreditasi  Unggul.   UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 65.000 alumni yang tersebar dan berkpirah dalam berbagai bidang dan telah memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. (Dina/Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - RSI PKU Muhammadiyah Tegal (RSI Singkil) dengan bangga mengumumkan inova....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Asrama Haji Yogyakarta,  Jln. Ringroad Utara No.1....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Pimpinan Daerah Muham....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Berita

PC IMM Surabaya Gelar Pelatihan Crowfunding dan Conten Creator dalam Rangkaian Tour Humanity SURABA....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ribuan mahasiswa dan pengguna jalan padati halaman kampus Universitas....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah