24.4 C
Yogyakarta
Kamis, Agustus 13, 2020

Jalur Undangan Dibuka, UMM Sediakan Beasiswa

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

UMY Songsong Kembali Perkuliahan secara Tatap Muka

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu, 12 Agustus 2020, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) beserta jajarannya mulai dari dosen hangga tenaga kependidikan...

Kini Ada 80 Rumah Sakit Muhammadiyah Tangani Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Penularan Covid-19 mengalami peningkatan yang begitu masif selama dua pekan ini di hampir seluruh tempat di Indonesia.

Selamat! Lima Proposal Mahasiswa UMTS Lolos PKM Tingkat Nasional

PADANGSIDIMPUAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) berhasil meraih 5 judul pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 (lima) bidang Tahun...

Eratkan Kebersamaan, Rektor Unismuh Silaturahim dengan Pejabat Struktural

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Hari ketiga setelah dilantik menjadi Rektor Unismuh Makassar Periode 2020 – 2024, Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag...

Pakai Masker Langkah Sederhana Melindungi Nyawa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sejak awal Covid-19 masuk ke Indonesia, Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia sudah mencanangkan partisipasinya...
- Advertisement -

MALANGUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM) buka penerimaan mahasiswa baru khusus jalur undangan, pada Senin (4/1) lalu. Pendaftaran yang dilakukan secara online di pmb.umm.ac.id ini mulai dibuka pukul 08.00 wib. Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr Ermanu Azizul Hakim MT mengatakan, jalur undangan ini terbuka untuk semua fakultas kecuali Fakultas Kedokteran.

Untuk mendaftar melalui jalur undangan ini dapat ditempuh melalui dua pilihan, yakni jalur prestasi akademik dan minat bakat atau non-akademik. “Mereka yang menggunakan jalur prestasi akademik, rata-rata rapornya dari semester 1 sampai 5 adalah 75.00. Sedangkan untuk jalur minat bakat atau non-akademik adalah siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan,” tutur Ermanu.

Syarat pendaftarannya pun mudah. Menurut informasi yang dimuat di laman pmb.umm.ac.id, calon mahasiswa hanya membayar pendaftaran sebesar Rp 300 ribu, kemudian fotokopi rapor semester 1 hingga 5 yang dilegalisasi kepala sekolah bagi pendaftar jalur prestasi akademik, fotokopi piagam atau sertifikat prestasi non-akademik bagi pendaftar jalur minat bakat atau non-akademik, pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar. Sedangkan khusus Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) melampirkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna.Setelah melakukan pendaftaran secara online di pmb.umm.ac.id, bukti transfer pendaftaran asli, formulir cetak hasil online, dan semua syarat pendaftaran dimasukkan dalam amplop coklat dan dikirim ke alamat UPT PMB UMM via pos.

“Jika satu sekolah misalnya mendaftarkan lebih dari satu siswanya ke UMM, pengiriman berkas dapat dilakukan secara kolektif atau bersama-sama,” tambah Ermanu.

Bagi camaba yang lolos melalui jalur undangan, akan mendapatkan beasiswa bebas biaya SPP semester I, kecuali Fikes mendapat potongan 50 persen dari SPP semester I. Pendaftaran ini dibuka sampai 8 April mendatang. Semua ketentuan pendaftaran terdapat di web pmb.umm.ac.id. Info lebih lanjut dapat menghubungi call center UPT PMB UMM di 0341-463513, sms center UPT PMB UMM di 085215219000 dan 085755776373. “Bisa juga datang langsung ke kantor UPT PMB UMM Jl. Raya Tlogomas no. 246 Malang,” jelas Ermanu.

Jalur Undangan merupakan salah satu pilihan pendaftaran masuk UMM yang sengaja dibuka lebih awal agar memperoleh bibit-bibit mahasiswa unggul yang jelas-jelas memilih UMM sebagai pilihan utama dan pertamanya. Selain jalur ini, calon mahasiswa juga bisa mendaftar di jalur reguler yang dibuka tiga gelombang. Gelombang I 7 Maret hingga 6 Mei, Gelombang II 16 Mei hingga 22 Juli dan Gelombang III pada 1 hingga 19 Agustus. Khusus untuk gelombang III ini, tidak semua prodi akan dibuka karena menyesuaikan kuota yang masih tersedia. (Humas UMM-im)

- Advertisement -

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles