31.1 C
Yogyakarta
Jumat, September 25, 2020

Ketua PWM Sumbar Beri Pencerahan pada Pengukuhan Majelis dan Lembaga Aisyiyah Sumbar

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Para Tokoh Meminta Pilkada Ditunda

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan agenda yang sangat penting dalam percaturan kepemimpinan di tingkat daerah maupun nasional. Selain...

Duta SMK Mutu Tegal Terima Beasiswa

TEGAL, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal memberikan beasiswa berupa penggratisan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) kepada 15 siswa yang...

Halaqah Alim Ulama: Menghadirkan Wasathiyah Islam untuk Perdamaian

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ibroh merupakan pelajaran pokok dalam Islam yang dapat diambil dengan cara menggali subtansi inti yang terdapat pada sebuah...

Ikuti Muhamadiyah, NU Juga Putuskan Tunda Muktamar

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU akan ditunda hingga akhir tahun 2021. Penundaan forum...

Baitul Arqam UMTS Digelar Daring, Perpanjang Penerimaan Mahasiswa

PADANGSIDEMPUAN,  Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) menggelar kegiatan Baitul Arqam.  Kegiatan pengkaderan yang diikuti 637 mahasiswa itu berlangsung 22-24...
- Advertisement -

Padang — Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumatera Barat mengadakan pengukuhan majelis dan lembaganya di Kantor PW Aisyiyah Sumbar, Ahad (21/2). Acara ini dilanjutkan dengan pencerahan bersama Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Dr. Drs. H. Shofwan Karim Elha,MA engan tema “Peran dan fungsi badan pembantu pimpinan (majelis serta lembaga)”.

Majelis dan Lembaga PWA Sumbar yang dikukuhkan antara lain Ketua Majelis Tabligh Dra. Hj Yulintidar, Ketua Majelis Dikdas Dra. Nuradni Abbas MA, Ketua Majelis Pembinaan Kader Ir. Yunita MP, Ketua Majelis Kesejahteraan Sosial Jusmawati MPd, Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Siti Hajir Samik S.Sos, Ketua Majelis Kesehatan dr. Fitratul Ilahi SPm, Ketua Majelis Hukum dan HAM Dra Hj Marnis Nurut MA, Ketua Lembaga Budaya Dra. Ramadhani MHum, Ketua Lembaga lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Dr Ir Suslina A.Latif MP, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Dr Siti Fatimah MPd.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar Dra Hj. Meiliarni Rusli mengatakan bahwa majelis dan lembaga yang baru dilkukuhkan untuk segera melaksanakan tugas guna menggerakkan roda PWA Sumbar. Selain itu, setiap lembaga dan majelis yang ada juga diminta untuk bisa mensinergikan program-program yang saling beririsan dengan program PW Aisyiyah Sumbar.

Secara umum, sambung Meiliarni, program PWA Sumbar kedepan lebih kepada mengkonsolidasikan ideologi dengan beberapa kegiatan untuk peningkatan kualitas. Baik konsolidasi kelembagaan, ataupun pemberdayaan keluarga dan komunitas.

Meiliarni mengharapkan Majelis dan lembaga agar mampu menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai penggerak program organisasi.

Dalam pencerahannya, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Dr. Drs. Shofwan Karim Elha, MA menegaskan Majelis dan lembaga perlu memegang teguh Al-Islam Kemuhammadiyahan, memahami prinsip manajemen kapasitas pribadi dan kemampuan kerjasama, kerja keras, kerja cerdas, kerja berkualitas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

Katanya, Majelis dan lembaga sebagai badan penggerak, Aisyiyah yang merupakan muara kegiatan strategis dan program aksi terdapat pada majelis dan lembaga itu. “Kewajiban pimpinan dan masing-masing koordinator perlu memberikan inspirasi, motivasi dan solusi kepada majelis dan lembaga,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari seluruh program itu terkoordinasi dalam satu kesatuan pada program Muhammadiyah sesuai hasil muktamar secara keseluruhan, kemudian diterjemahkan ortom hingga majelis dan lembaga. Dalam program itulah terdapat visi dari program maupun program kegiatan sebagai aksi dari visi itu. Ia pun menambahkan, bahwa visi merupakan kondisi yang diinginkan, sedangkan program kegiatan merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut.

“Akhirnya, saya pesankan pentingnya mewujudkan kebersamaan dan kesolidan dalam menggelar program aksi itu dengan melibatkan seluruh komponen dengan semangat Basamo Mako Manjadi,” tutupnya. (RI-ed Thari)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles