Yunahar Ilyas: Mubahalah itu Antara Kafir dan Muslim

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr  Yunahar Ilyas menyatakan mubahlah yang dillakukan  Ade Armando kepada kaum Muslimin anti Ahok menggambarkan bahwa Ade tak paham ajaran Islam. Mubahalah itu, menurut Yunahar, berlaku antara Muslim dan kafir/

Menurut Yunahar Ilyas, mubahalah (tantangan saling melaknat) itu tidak diperkenankan sesama Muslim saling melontar kata laknat dan mengancam dengan azab Allah Subhanahu Wata’ala.

“Mubahalah itu jika kita berdialog dengan non-Muslim , semua argumen sudah kita sampaikan. Kalau tidak mau menerima baru mubahalah,” ujar Yunahar Ilyas.

Baca: Yunahar Ilyas Sayangkan Sikap Presiden Jokowi Tak Mau Temui Pendemo

Yunahar Ilyas menjelaskan, jika sesama Muslim ada perbedaan pendapat cuku diselesaikan dengan diskusi. Apalagi kalau terkait penafsiran ayat.

Baca: Yunahar Ilyas: Kita Terima Kasih kepada Pak Ahok

“Nggak ada mubahalah-mubahalah terkait penafsiran. Itu cukup diskusi. Mana ada orang sedikit-sedikit mubahalah. Kalau sesama Muslim ya diskusi,” tambah Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini.

Baca: Inilah Mubahalah Ala Ade Armando

Menurut Yunahar, sikap Ade Armando menantang kaum Muslimin anti Ahok sebagai orang yang tidak mengerti ajaran Islam. Mestinya tantangan Mubahalah itu nggak perlu dilayani (le).

Baca Juga:   Fokal IMM Banten Buktikan Ekonomi Kerakyatan