21.8 C
Yogyakarta
Senin, Juli 13, 2020

Muhammadiyah Sepakati Kerja Sama dengan Taiwan di Bidang Pendidikan

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...

Turki Resmi Kembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid

ANKARA, Suara Muhammadiyah – Turki telah resmi memutuskan untuk mengembalikan Hagia Sophia, salah satu museum bersejarah di Istanbul Turki, sebagai masjid.
- Advertisement -

JAKARTA, Suara Muhammadiyah-Muhammadiyah kembali melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Kali ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bersama dengan 35 Universitas Muhammadiyah di seluruh Indonesia mengeratkan hubungan kerja samanya dengan Tainan University Alliance. Kerja sama yang mencakup pertukaran mahasiswa dan pengembangan mata kuliah ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Muhammadiyah dengan Tainan University Alliances pada Kamis (9/3) di Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Menteng, Jakarta.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Taipei Economic of Trade Office (TETO)  ini dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir serta LHKI PP Muhammadiyah.  Nantinya, Taiwan akan menerima pertukaran mahasiswa berbakat sesuai dengan tujuan kebijakan New Southbound Policy Taiwan yang baru.

“Kerja sama antara Muhammadiyah dengan Tainan University Alliances ini mencakup pertukaran mahasiswa, pengajar, danmengembangkan mata kuliah,” ungkap Walikota Tainan, Lai Ching Te.

Tainan, kata Lai Ching Te, merupakan kota tua di Taiwan yang sebagian besar universitasnya memiliki keunggulan soal ilmu, riset, dan teknologi pendidikan. Ia menyampaikan bahwa saat ini ada sebanyak 5074 mahasiswa Indonesia yang belajar di Taiwan. Oleh karenanya, ia berharap kerjasama ini dapat meningkatkan hubungan sosial antar dua negara.

“Indonesia sebagai negara besar di Asia Tenggara memiliki banyak kebudayaan dan diperhitungkan oleh Taiwan. Saling bertukar dan saling belajar merupakan hal baik untuk menambah wawasan. Diharapkan, kerja sama pendidikan antar dua universitas ini akan meningkatkan persaudaraan dan saling memahami antar dua negara,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyambut baik dan optimis terkait kerja sama pendidikan ini. Haedar mengungkapkan bahwa hingga kini, pihaknya telah memiliki lebih dari 100 sekolah dan 1000 klinik atau rumah sakit di seluruh Indonesia.

Haedar berharap, kerja sama antara Muhammadiyah dengan Tainan University Alliances ini juga dapat meningkatkan kualitas tak hanya mahasiswa saja namum pengajar dan disiplin ilmunya. “Kerja sama ini tentu meningkatkan hubungan Indonesia dengan Taiwan serta menumbuhkan rasa toleransi dan adanya pluralisme walaupun berbeda agama,” pungkasnya.

Terkait kebeadaan penduduk muslim di Taiwan, Kepala TETO untuk Indonesia John Chen memaparkan bahwa tidak ada diskriminasi di negara tersebut. Menurutnya, warga muslim maupun non muslin di Taiwan akan terjamin keamanannya karena terlindungi oleh hukum. Ia juga menegaskan bahwa Taiwan adalah negara yang berdemokrasi.

“Banyak umat muslim dari Indonesia belajar dan bekerja di Taiwan. Kami harap, warga muslim di Taiwan aman dan menikmati hidup di negara kami,” tandasnya (Wah/ Yusri).

whatsapp-image-2017-03-10-at-11-36-12-am

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles