24.4 C
Yogyakarta
Senin, Oktober 26, 2020

MAM Limpung Juarai Lomba Karya Ilmiah

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Guru SMP Aisyiyah Boarding School Pinrang Ikuti Pelatihan Figur

PINRANG- SMP Aisyiyah Boarding School (ABS) Pinrang mengutus 2 guru mengikuti Pelatihan pembuatan video Pembelajaran yang digelar oleh Figur (Forum Inspirasi Generasi...

UMSU Peduli Kemajuan Masyarakat Melayu

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumater Utara (UMSU) peduli akan kemajuan masyarkat melyayu. Di usianya yang genap setahun, Pakat Melayu merasa...

Haedar Nashir: Dokter Pelopor Kemanusiaan dan Kenegarawan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menyambut Hari Dokter Indonesia 24 Oktober 2020, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi berharap...

AMM Jetis Bantul Droping Air Bersih Serentak di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Angkatan Muda Muhammadiyah Jetis Bantul sukses menyelenggarakan Droping Air Bersih #02 di wilayah Gunungkidul Ahad, 18 Oktober 2020....

Universitas Muhammadiyah Papua untuk Kemajuan Pendidikan Bumi Cendrawasih

JAYAPURA, Suara Muhammadiyah – STIKOM Muhammadiyah Papua bertransformasi menjadi Universitas Muhammadiyah Papua. Berdirinya Universitas Muhammadiyah Papua adalah untuk kemajuan pendidikan Bumi Cendrawasih.
- Advertisement -

BATANG, Suara Muhammadiyah-Dalam rangka menggali potensi siswa jenjang pendidikan menengah atas dalam bidang penulisan karya ilmiah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang mengadakan Lomba Penulisan Karya Ilmiah tentang Cagar Budaya Jawa Tengah bagi siswa sekolah menengah atas dan sederajat (23/3).

Lomba ini diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat nasional. Dan untuk tahun 2017 ini juara pertama tingkat Kabupaten Batang diraih oleh Ananda Mandasari, kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Limpung Kabupaten Batang, mengungguli peserta-peserta lain dari SMA/MA/SMK Negeri dan Swasta di wilayah Kabupaten Batang.

Mandasari mengangkat tulisan ilmiah cagar budaya tentang Situs Sojomerto yang di kalangan sejarawan dikenal sebagai Prasasti Sojomerto.

Prasasti bertarikh abad VII M ini menarik perhatian para peneliti sejarah hingga ke mancanegara karena konon menurut Prof Buchori (peneliti senior dari LIPI), dari prasasti ini dapat diketahui cikal bakal raja-raja Mataram Kuno di Jawa Tengah dari alur Syaelendra, yang dalam prasasti itu dikenal sebagai Dapunta Selendra.

Dengan prestasi ini Mandasari mendapatkan hadiah trofi, piagam dan uang pembinaan serta berhak mewakili Kabupten Batang untuk berlomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan jika berhasil juara di tingkat provinsi akan berlanjut sebagai wakil Jateng di tingkat nasional. Meskipun hal ini tidak mudah namun perlu diperjuangkan semaksimal mungkin. Manusia berusaha, Allah yang menentukan hasil usahanya. Demikian antara lain yang dilakukan oleh Kepala MAM Limpung, Ahyaudin dan guru pembimbing, Pulung Ari Wibowo (Sugitohd).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles

- Advertisement -