31 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 4, 2020

Prodi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan Terakreditasi B

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Haedar Nashir: Revitalisasi Pancasila Jangan Sampai Mengulang Tragedi Masa Lalu

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Ada dua peristiwa yang membuat kita kembali mempertanyakan Pancasila: (1) pro-kontra Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila,...

MDMC Luwu Kembali Salurkan Bantuan, Tim Relawan Banjir Bandang Tetap Siaga

LUWU UTARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Manajemen Center) atau Satgas Bencana Muhammadiyah Kabupaten Luwu tiba di Masamba, Kabupaten Luwu Utara di...

Silaturahim dengan PDM, Menko PMK Tinjau Lokasi Banjir Luwu Utara

LUWU UTARA, Suara Muhammadiyah - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Prof Dr Muhajir Effendi, MAP tiba di Luwu Raya melalui...

Sayembara Business Plan Sociopreneur Cabang & Ranting Muhammadiyah 2020

Suara Muhammadiyah – Sayembara dengan total hadiah puluhan juta rupiah sudah mulai dibuka oleh Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah. Agenda...

Program Kemaslahatan, Lazismu Gorontalo berbagi Daging Qurban di 4 Wilayah

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Tema besar qurban tahun ini adalah qurban untuk ketahanan pangan, yang bertujuan untuk diberikan kepada fakir miskin dan...
- Advertisement -
KUNINGAN, Suara Muhammadiyah – Prodi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan semakin menunjukkan eksistensi akan kualitas program studinya. Setelah berhasil memenangkan olimpiade matematika, Senin (17/4), kualitas prodi tersebut telah memperoleh akreditasi B oleh BAN PT No. SK 0712/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017 dan mendapatkan nilai 315 yang berlaku sejak tanggal 21 Maret 2017-21 Maret 2022.
“Bulan lalu prodi kami memenangkan lomba olimpiade matematika tingkat Wilayah 3 Cirebon, mengikuti olimpiade nasional di wilayah Kopertis IV serta mengirimkan duta mahasiswa berprestasi, serta sebagian besar dosen pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan menerima hibah penelitian dari Dikti,” sebut Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika, Uba Umbara.
Untuk mendapatkan hasil akreditasi B, menurutnya, bukanlah hal yang mudah. Pihaknya harus melewati beberapa tahap mulai dari pengiriman borang ke BAN PT pada 21 November 2016, kemudian dlaksanakan visitasi oleh tim asesor dari BANPT pada 3 Maret 2017. Sebulan setelah proses visitasi, sambung Uba, barulah hasil akreditasi tersebut keluar.
“Dan alhamdulillah prodi kami terakreditasi B. Semoga dengan terakreditasi B menambah kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan studinya ke Prodi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen yang telah membantu proses akreditasi,” tutur Uba yang juga ketua penyusunan boring re-akreditasi itu.
Tim asesor BAN PT yang mendapat tugas untuk melaksanakan visitasi re-akreditasi pada 3 maret 2017  adalah Prof Dr Mega Teguh Budiarto MPd dari Universitas Negeri Surabaya dan Dr Swasono Rahardjo SPd MSi dari Universitas Negeri Malang. Proses visitasi pun berjalan lancar, bahkan prosesnya diluar dugaan para dosen pendidikan matematika karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.
Proses visitasi yang dijadwalkan berdasarkan surat tugas dari BAN PT selama 2 hari, namun dalam pelaksanaannya hanya membutuhkan waktu 3 jam. Ini karena prodi mampu menjawab semua pertanyaan dan menyajikan bukti-butki yang diminta oleh tim asesor. Hal ini menunjukkan bahwa tim penyusun borang dari Prodi Pendidikan Matematika sangat siap dan solid dalam menjaga kekompakan serta menyediakan bukti-bukti dokumen sehingga proses visitasi dapat berjalan dengan lancar.
“Akreditasi B merupakan suatu anugrah dari Allah SWT yang di dapatkan setalah proses yang kami lakukan. Didalamnya banyak pelajaran, ada juga ujian-ujian. Kesabaran, kekompakan, emosi yang merupakan suatu pengukuhan diri bahwa kita adalah tim yang kuat, semangat berjuang, tidak mudah menyerah sehingga kita layak mendapatkan pengakuan dari Badan Akresitasi Nasional untuk terakreditasi B,” tandas Uba.
Ditambahkan, ini adalah kembalinya si anak hilang. Karena pihaknya harus menunggu proses visitasi yang terhitung lama, hampir 6 bulan sejak pengajuan boring re-akreditasi ke Ban-PT (Mujahidin).
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles