24.4 C
Yogyakarta
Rabu, September 23, 2020

SD se-Kota Binjai Unjuk Gigi Semarakkan Momentum Isra’ Mi’raj

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Unismuh Persiapkan Pendirian Program S3 Ilmu Pendidikan

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Satu lagi langkah inovasi yang dilakukan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam upaya mencapai kampus terkemuka dan unggul. Penghujung...

Tiga Ilmu Menjadi Pribadi Terbaik Menurut Rektor UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Masa orientasi studi dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah dikemas...

Haedar Nashir: Bermuhammadiyah, Ikuti Koridor Organisasi

Muhammadiyah itu organisasi besar yang berdiri tegak di atas sistem, dengan amal usaha dan jaringan yang luas. Kekuatan Muhammadiyah berada dalam sistem,...

MIM Kenteng Gunakan Media Pembelajaran Berbasis Dakwah Budaya

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Menciptakan madrasah berbudaya sesuai dengan visi MI Muhammadiyah Kenteng. Dimuai dari para pendidiknya sebagai dasar penguatan madrasah...

Haji Muharram: Tokoh Muhammadiyah – Bupati Berau Meninggal Dunia

BERAU, Suara Muhammadiyah -  Innalillahi wa innailaihi rajiun, kabar duka dari keluarga besar Muhammadiyah Berau, Kalimantan Timur, Bupati Berau yang juga tokoh...
- Advertisement -

BINJAI, SuaraMuhammadiyah– Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammadiyah saw dan menyambut bulan Ramadhan 1438 H, panitia PHBI SMP Muhammadiyah 12 Binjai mengadakan berbagai rangkaian kegiatan lomba yang diikuti oleh siswa sekolah dasar (SD) se-kota Binjai.

Rangkaian pertandingan yang diperlombakan antara lain lomba azan putra, lomba Tahfidz Qur’an putra- putri, lomba puisi putra-putri, lomba pidato putra-putri dan  lomba hafalan Pembukaan UUD 1945 putra-putri. Acara berlangsung 2 hari, (26-27/4) dan dibuka oleh Ketua Majelis Dikdasmen PDM Binjai.

Setengah jam sebelum acara pembukaan, peserta, undangan dan hadirin dihibur oleh penampilan Hizbul Wathan kwarda Binjai. Drumband dibawah binaan Ramanda Ikhwanudin dari kodim 0203 Langkat Binjai dan Ametta Devy Tricia yang  didominasi siswa SMP dan SMA Muhammadiyah 12 Binjai sudah sangat dikenal di Binjai. Demonstrasi yang berlangsung singkat tersebut cukup menyita perhatian dan mendapat sambutan hangat dari hadirin.

Fuad, Ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang baru pertama dilaksanakan itu diikuti oleh 11 SD Negeri dan swasta se-kota Binjai dengan jumlah peserta 93 orang.

“Sebagai kegiatan awal dengan sambutan peserta cukup banyak, menjadikan panitia tertantang untuk mengadakannya kembali tahun depan. Atas dukungan majelis Dikdasmen PDM Binjai, panitia akan menjadikan ini kegiatan tetap tahunan dan mengupayakan adanya piala bergilir yang akan diusahakan dari Dinas Pendidikan kota Binjai, Kemenag kota Binjai atau Muhammadiyah Binjai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis dikdasmen PDM Binjai Dasril Suar yang didampingi Kastalani dan Syamsul Masri sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak sekolah. Ia juga berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan di tahun tahun yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Majelis Dikdasmen juga memberikan bonus dan penghargaan kepada Amira Safira Sijabat, siswi kelas II SMP Muhammadiyah 12 Binjai yang meraih ranking I, OSN Binjai bidang studi Fisika dan menjadi duta kota Binjai untuk perlombaan yang sama ditingkat provinsi.

Fahrurozi dari SDN 020261, mewakili sekolah menyampaikan kegembiraannya terhadap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan panitia. Ia berharap dari kegiatan yang dilaksanakan tersebut, potensi bakat peserta semakin terasah.

Penyerahan penghargaan didampingi Nilawati, selaku kepala SMP Muhammadiyah 12 Binjai kepada Juara I Lomba Adzan Zalfah Diah Rafa dari SDN 020254; Juara II, Haikal Syahfitra Ramadhan dari SD Muhammadiyah 01 dan Juara III,  Chairul Ramadhan dari SDN 020584. Juara I, II, III Tahfidz Qur’an Putra Fifa Diya dari SDN 020254, Khairul Khalfani Budiman dari SDN 024796 dan Ahmad Rifai dari SD Muhammadiyah 04. Tahfidz Qur’an putri Juara I, II, III diraih oleh Nazwa Ainur Rahma dari SDN 020254, Malika Dwi Syakirana dari SD Muhammadiyah 02 dan Putri Halimah Tanjung dari SD Aisyiyah/Muhammadiyah 03. Juara Lomba Puisi Putra I, II, III dimenangkan oleh Aldi Noriandi dari SD Muhammadiyah 03, Roif Azib Adinar dari SD Muhammadiyah 02. Putri I, II, III Cahaya Syahfitri, SD Muhammadiyah 04, Sri Saputri SD Muhammadiyah 02 dan Geubrina Raseuki dari SDN 020254. Lomba pidato putra I, II, III, M. Sultan Aziz dari SD Muhammadiyah 04, Bagus Dinanta dari SD Muhammadiyah 01 dan M. Rizki SD Muhammadiyah 02. Putri I, II, III atas nama Dea Salvani, SD Muhammadiyah 04, Novi Ardana, SDN 020254 dan Putri Amalia Ramadhani dari SD Muhammadiyah 02.

“Kegiatan bernuansa islami ini sangat diperlukan, mengingat kenakalan remaja yang sudah mengkhawatirkan. Kegiatan lomba diharap di masa masa datang dapat diperluas, seperti lomba busana, lomba menari dan lain sebagainya. Sebagai kegiatan keagamaan, dengan masyarakat mayoritas muslim, insyaAllah perkara dana dapat tercukupi. Tidak ada alasan untuk tidak didukung,” tutur Subur dari Dinas Pendidikan kota Binjai.

Ia juga menyampaikan harapannya bagi siswa siswa yang tamat SD, dapat melanjutkan SMP nya di sekolah sekolah Islam. “Dengan kewajiban memakai hijab atau jilbab, paling tidak sebagian kewajiban islam sudah kita amalkan,” ujarnya. Acara penutupan yang diselingi dengan hiburan tari tarian dipandu duet protokol Habib dan Febriani itu diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Kepada masing-masing pemenang lomba juara I, II dan III mendapat piala, sertifikat penghargaan dan voucher gratis SPP 1 tahun, 6 bulan dan 3 bulan (FUAD-BINJAI).

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles