24 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 4, 2020

Baitul Arqam Muhammadiyah Boyolali Bentuk Karakter Kader Berkemajuan

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Haedar Nashir: Revitalisasi Pancasila Jangan Sampai Mengulang Tragedi Masa Lalu

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Ada dua peristiwa yang membuat kita kembali mempertanyakan Pancasila: (1) pro-kontra Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila,...

MDMC Luwu Kembali Salurkan Bantuan, Tim Relawan Banjir Bandang Tetap Siaga

LUWU UTARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Manajemen Center) atau Satgas Bencana Muhammadiyah Kabupaten Luwu tiba di Masamba, Kabupaten Luwu Utara di...

Silaturahim dengan PDM, Menko PMK Tinjau Lokasi Banjir Luwu Utara

LUWU UTARA, Suara Muhammadiyah - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Prof Dr Muhajir Effendi, MAP tiba di Luwu Raya melalui...

Sayembara Business Plan Sociopreneur Cabang & Ranting Muhammadiyah 2020

Suara Muhammadiyah – Sayembara dengan total hadiah puluhan juta rupiah sudah mulai dibuka oleh Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah. Agenda...

Program Kemaslahatan, Lazismu Gorontalo berbagi Daging Qurban di 4 Wilayah

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Tema besar qurban tahun ini adalah qurban untuk ketahanan pangan, yang bertujuan untuk diberikan kepada fakir miskin dan...
- Advertisement -

BOYOLALI, Suara Muhammadiyah-Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah  (MPK PDM) Boyolali bersama Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Boyolali  dan menggelar Perkaderan Baitul Arqam dengan tema “Membentuk Karakter Kader Muhammadiyah yang berkemajuan”, pada 28-29 Mei 2017, yang bertempat di Wisma Armina Donohudan Ngemplak Boyolali.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan. Dimulai oleh ketua panitia Joko Triyanto, Skom MpdI yang menyampaiakan bahwa kegiatan ini adalah sejarah yang fenomenal dan tak terlupakan bagaikan cinta pertama yang selalu di kenang. Sambutan kedua di sampaikan oleh ketua MPK PDM Boyolali Pujiono, SSiMM. Yang menyampaiakan ”ucapan banyak terima kasih kepada hadirin. “Anda semua adalah kader tulang punggung masa depan Muhammadiya,” katanya.

Sambutan yang terakhir disampaiakn oleh Ketua Umum PDM Boyolali Drs Jindar Wahyudi, MAg yang menyampaikan pesan, setiap pemuda ialah kader umat dan bangsa, maka harus siap sedia membela agama, bangsa dan negara.

Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah A Dahlan Rais (Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Tafsir (Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah),  Sofyan Anif (Rektor UMS), Ali Muhson (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah), Jindar Wahyudi (Ketua Umum PD Muhammadiyah Boyolali),  Muslih (Ketua PDM Boyolali, Pembina MPK PD Muhammadiyah Boyolali) dan Jumari (Ketua PDM Magelang).

Dahlan Rais  menyampaikan materi tentang pentingnya perkaderan keluarga dalam Muhammadiyah. Sofyan Anif mengatakan     bahwa Amal Usaha Muhammadiyah berkembang begitu pesat, maka membutuhkan kader-kader potensial seperti peserta baitul aarqam di Boyolali ini untuk mengelolanya.

Tafsir sebagai yang juga salah satu narasumber dalam acara tersebut menuturkan, perlunya kreatifitas dalam berdakwah, mengusung tema berkemajuan harus bisa menggunakan segala cara berdakwah, dan bisa menjangkau semua orang. “Dakwah perlu kreatifitas, jangan monoton hanya ceramah, dakwah juga harus bisa menjangkau semua orang,” terangnya.

Tafsir mengambil perumpamaan bunga teratai yang selalu mekar dengan indah walau berada di tempat yang kotor, seperti itulah kader Muhammadiyah seharusnya, dimana pun tempatnya selalu bisa berdakwah memberi manfaat untuk lingkungan sekitar. Dakwah melalui pemberdayaan tidak terlepas dari pembahasan, bahwa pemberdayaan itu penting, terutama di kantong-kantong kemiskinan yang rawan kristenisasi.

Pemberdayaan bisa dilakukan dibidang ekonomi maupun bidang lainnya. “Dakwah tak melulu dengan ayat-ayat, tapi bisa dengan bantuan modal usaha” tutur Tafsir. Dakwah, lanjutnya, harus berani masuk ke ‘lorong gelap’,ke kelompok marjinal, “Dakwah harus siap masuk ke lorong gelap, jangan hanya berdakwah di masjid, namun harus mau mendatangi orang-orang marjinal” tambahnya.

Kegiatan ini berjalan sukses, menggembirakan dan di hadiri oleh MPK PCM Se-Kabupaten Boyolali, Ortom Daerah yaitu PD PM, PD NA, PC IMM, PD IPM, Kwarda HW, Pimda TSPM dan tamu undangan (Joko Triyanto).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles