23.5 C
Yogyakarta
Jumat, Agustus 14, 2020

Malam Jumat Barakah, PRM Sepanjang Islamkan Mualaf dan Terima Wakaf

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Pengabdian, Dosen Manajemen UMY dan Warga Bausasran Adakan Penghijauan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sempitnya lahan tidak menyurutkan keinginan warga RW 11 Bausasran Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta untuk menghijaukan wilayahnya.

Asah Kreativitas, PMM UMM Ajari Anak-Anak Seni Kolase

BLITAR, Suara Muhammadiyah - Kelompok Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabidan masyarakat dengan mengajari anak-anak membuat kolase. Kegiatan...

Dosen FEB UMY Latih Jamaah Pengajian Membuat Kain Shibori

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu pengabdian masyarakat di era...

Semua Siswa Dapat, SMK Mutu Tegal Bagikan Perdana Plus Kuota untuk PJJ

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bentuk pelayanan selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa covid 19. SMK MUTU Tegal berikan kartu perdana...

Islam, Alam, dan Tugas Manusia

Alam akan membawa manfaat dan berkah bagi manusia, manakala telah melaksanakan tugasnya terhadap alam, yakni mengembalikan alam ke jalan yang benar. Yakni...
- Advertisement -

MALANG, Suara Muhammadiyah- Gemericik air hujan yang cukup deras di wilayah Desa Sepanjang kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, Kamis (27/7) malam, menjadi saksi alam apa yang ada di dalam Masjid Al Khairat Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sepanjang. Rahmat hujan malam itu, seperti menandai keberkahan atas peristiwa penting yang tengah berlangsung.

Pengajian rutin setiap malam Jumat PRM Sepanjang kali ini memang lebih istimewa dibanding biasanya. Dalam pengajian sekaligus dilakukan prosesi penyerahan tanah wakaf seluas 1.120 meter persegi dari Fathoni bin H Sujarwo (alm) untuk pengembangan Amal Usaha Persyarikatan Muhammadiyah. Sebelumnya, lahan wakaf yang pertama seluas 330 m2 telah diserahkan dan dimanfaatkan membangun masjid Al Khairat.

Drs Akhmad Satya Darmawan, Ketua PRM Sepanjang menyampaikan, bahwa tanah wakaf yang baru ini adalah wakaf kedua dari Fariz Fathoni.

“Wakif berharap PRM Sepanjang bisa segera memanfaatkan tanah wakaf tersebut.

Karena itu, tantangan bagi PRM periode ini untuk segera mewujudkan menjadi amal usaha seperti yang diinginkan oleh wakif,” katanya.

Tak kalah monumental, juga dilakukan pengucapan dua kalimat syahadat oleh Valentha Christy Febriawati, yang menyatakan diri masuk Islam (muallaf). Sekitar 100 jama’ah yang hadir turut menjadi saksi langsung acara bersejarah ini. Termasuk keluarga mualaf dari Kepuh Sukun, Kota Malang, anggota IPM dan jama’ah pengajian ibu-ibu Aisyiyah Sepanjang, Gondanglegi.

Bertindak sebagai pembimbing pengucapan dua kalimat syahadat adalah Ust. Abdul Wachid, SPd, Ketua Majelis Tabligh PDM Kabupaten Malang. Pengucapan kalimat syahadatain oleh mualaf lancar, karena mungkin sudah diajari kakaknya yang terlebih dulu juga ikrar masuk islam 8 tahun silam.

Usai ikrar syahadatain, Kristin kakak kandung Valentha Christy Febriawati mengatakan, sangat berterima kasih kepada takmir masjid Al Khairat yang telah memfasilitasi adiknya untuk memeluk agama Islam.

“Alhamdulillah, terima kasih telah membimbing syahadat. Sama seperti 8 tahun yang lalu ketika saya juga mengucapkan dua kalimat syahadat di masjid ini juga,” katanya.

Sementara itu Ust Abdul Wahid, SPd dalam tausyiahnya menegaskan, terhitung mulai malam hari ini kita sebagai umat Islam punya tugas baru untuk membimbing saudara baru kita untuk mengamalkan ajaran Islam sesuai kemampuannya.

Sebagai motivasi untuk mualaf tersebut, ibu-ibu PR Aisyiyah Sepanjang pun memberikan seperangkat mukena, Alqur’an dan jilbab. Secara simbolis, jilbab untuk saudara muslimah baru inipun langsung dikenakan dibantu oleh sesepuh Aisyiyah Sepanjang. (amin)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles