29.5 C
Yogyakarta
Minggu, Juli 12, 2020

Buya Syafii Maarif Buatkan Lirik Lagu Satu Abad Mu’allimin

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...

Turki Resmi Kembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid

ANKARA, Suara Muhammadiyah – Turki telah resmi memutuskan untuk mengembalikan Hagia Sophia, salah satu museum bersejarah di Istanbul Turki, sebagai masjid.
- Advertisement -

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelepasan (wisuda) siswa kelas VI – Keluarga 92 di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Selasa (1/5/2018). Dalam acara tersebut juga di launching logo dan lagu satu abad Mu’allimin karya komunitas Emgain production di bawah asuhan Anis Fahmi Basewed SPsi MSI.

Sebagai alumni, Buya Ahmad Syafii Maarif juga ikut serta membuat lirik dan syair lagu satu abad Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Bahkan, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2000-2005 tersebut hadir lebih awal dan mengendarai sendiri mobilnya untuk menghadiri pelepasan lulusan Madrasah Mu’allimin di akhir Abad yang pertama tersebut.

Keteladanan Buya Syafii tersebut sangat menginspirasi Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Aly Aulia Lc Mhum. “Dengan kekonsistenan, kemudian kesederhanaannya dan yang terpenting adalah support kepada kami generasi-generasi jauh di bawahnya untuk bisa punya semangat, punya ghiroh, kemudian senantiasa berjuang untuk lebih maju,” tutur  Aly.

Satu Abad Madrasah Mu'allimin (1)

Aly mengatakan pada Milad Satu Abad Madrasah Mu’allimin mengajak khususnya Buya untuk bisa merancang motivasi, semangat untuk membangunkan para alumni-alumni ikut menyemarakkan milad satu abad. “Buya berkenan untuk menulis lirik, dengan semangat bahwa kita sebagai kader umat, kader kemanusiaan, kader bangsa, kader persyarikatan dan itu menjadi tagline tema satu abad Madrasah Mu’allimin,” imbunya.

Selanjutnya Aly berharap ada generasi Madrasah Mu’allimin berikutnya yang seperti Buya dengan kegigihannya, kekonsistenannya, keberaniannya untuk melawan arus, menyampaikan ide-idenya yang menurutnya benar. “Kita sebagai generasi setelahnya bisa jadi berbeda dengan Buya, tapi Buya senantiasa mengedepankan dialog, senantiasa mau menghargai pendapat yang berbeda, itu mungkin perlu kita tanamkan” pungkasnya.(rizq)

MU’ALLIMIN SATU ABAD

Seratus tahun sudah
Seiring gerak dan langkah
Mentari bersinar selalu
Berkat rahmat dan ridlo-Mu

Mencerahkan pemikiran
Memperkuat peradaban
Dengan semangat pendidikan
Amar ma’ruf nahi munkar

Mencetak kader berkemajuan
Anak panah yang siap menerjang
Melintasi segala zaman
Melewati semua tantangan

Dari jogja ‘tuk umat dan bangsa
Abad kedua t’lah kita mulai
Kemilau bara di jiwa
Tetaplah….

Mari bergandengan tangan
Hadapilah setiap rintangan
Gerakkan langkah gemilang
Jayalah masa depan

Mu’allimin satu abad
Saatnya kita bertekad
Dengan hati yang lapang
Melanjutkan perjuangan…..
‘Tuk tegakkan keadilan
Di penjuru bumi pertiwi
Amahah Kyai Ahmad Dahlan
Buat semua anak negeri

Baca juga:

Memasuki Abad Kedua, Diaspora Mu’allimin Diharapkan Mengembangkan Muhammadiyah di Berbagai Negara

Buya Syafii Jadi Penerjemah Siswa Turki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles