23.9 C
Yogyakarta
Minggu, September 27, 2020

Mahasiswa UMP Ciptakan Gel Antijerawat dari Limbah Kulit Buah Semangka

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Optimalisasi Peran Lazismu, Edukasi Indeks Literasi Zakat Warga Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan sejak lama telah ikut andil dalam pengelolaan zakat...

Wali PAUD Muslimat NU Ikut Kerja Bakti Pembangunan PAUD ‘Aisyiyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menetapkan PAUD Aisyiyah Percontohan Takerharjo Solokuro sebagai juara Percontohan PAUD Tangguh. Tertanggal 9...

Kader Muhammadiyah Terbitkan Buku “Pada Masa Modern”

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Muh. Akmal Ahsan, Kader Muhammadiyah Yogyakarta kembali menerbitkan buku bertajuk Pada Masa Modern (2020). Sebelumnya, Kader...

Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan Madrasah Berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, guru MIM Kenteng ikuti seleksi...

Lokakarya Kepala SMK Muhammadiyah se-Jawa Tengah di Majenang

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMK Muhammadiyah Jawa Tengah Gelar Lokakarya pada 25 sd 26  September 2020. Bertempat...
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Tim Program kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memanfaatkan limbah kulit buah semangka sebagai Gel Antijerawat.

Mereka adalah, Yola Anggraeni, Tika Ambarwati dan Irmas Miranti dari Fakultas Farmasi UMP. Mereka memberi nama Gel Antijerawat dari Limbah Kulit Buah Semangka itu dengan “Citrula Gel” dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus) sebagai antijerawat (Acne vulgaris).

“Salah satu tanaman yang dapat mengatasi jerawat yaitu semangka. Semangka ini (C. lanatus) merupakan buah yang dapat tumbuh disegala musim, sehingga mudah di dapat dan harganya murah,” kata ketua kelompok Yola Anggraeni di Purwokerto, Kamis (19/7/2018).

Menurut dia,  Indonesia adalah salah satu  negara yang memiliki iklim tropis sehingga masyarakat harus siap menerima resiko terhadap masalah jerawat.

“Hal ini terjadi karena pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat sehingga kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif dan menghasilkan minyak berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat,” katanya.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang mengetahui, kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih dianggap limbah, namun ternyata ini memiliki banyak kandungan gizi.

“Kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai anti bakteri yaitu terpenoid. Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Nah  likopen ini di klaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan,” jelasnya.

Lebih lanjut Yola mengatakan, setelah melihat permasalahan tersebut, dengan dibimbing oleh Dosen Fakultas Farmasi UMP Erza Genatrika, M.Sc., Apt mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka.

“Setelah melihat permasalahan yang ada, maka kami dari TIM PKM-PE Fakultas Farmasi berinisiatif membuat gel dari kulit buah semangka yang bernama “Citrula Gel” dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus) sebagai antijerawat (Acne vulgaris),” pungkasnya.(tgr)

- Advertisement -
Berita sebelumyaPilar Islam Kaffah
Berita berikutnyaPDM Medan Resmi Buka Gerai SM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles