23.5 C
Yogyakarta
Jumat, Agustus 14, 2020

Upacara Milad ke-109 H Muhammadiyah Jadi Ajang Pengukuhan Nilai Bagi  Siswa Muallimin

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Pengabdian, Dosen Manajemen UMY dan Warga Bausasran Adakan Penghijauan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sempitnya lahan tidak menyurutkan keinginan warga RW 11 Bausasran Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta untuk menghijaukan wilayahnya.

Asah Kreativitas, PMM UMM Ajari Anak-Anak Seni Kolase

BLITAR, Suara Muhammadiyah - Kelompok Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabidan masyarakat dengan mengajari anak-anak membuat kolase. Kegiatan...

Dosen FEB UMY Latih Jamaah Pengajian Membuat Kain Shibori

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu pengabdian masyarakat di era...

Semua Siswa Dapat, SMK Mutu Tegal Bagikan Perdana Plus Kuota untuk PJJ

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bentuk pelayanan selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa covid 19. SMK MUTU Tegal berikan kartu perdana...

Islam, Alam, dan Tugas Manusia

Alam akan membawa manfaat dan berkah bagi manusia, manakala telah melaksanakan tugasnya terhadap alam, yakni mengembalikan alam ke jalan yang benar. Yakni...
- Advertisement -

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Bertepatan dengan tanggal  8  Dzulhijjah  1439 H segenap keluarga besar Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan upacara Milad Muhammadiyah yang ke-109 menurut penanggalan Hijriah. Kegiatan ini berlangsung dengan mengusung spirit Muallimin sebagai sekolah kader kemanusiaan, kader ummat, kader bangsa dan kader Persyarikatan. Nilai-nilai itulah yang harus selalu terpatri dalam setiap jiwa keluarga besar Madrasah Muallimin.

Seremoni  Upacara di Madrasah Muallimin memang  berbeda. Pembacaan Muqaddimah Aggaran Dasar Muhammadiyah selalu diadakan di setiap upacara. Hal ini dimaksudkan agar setiap siswa Muallimin  mengerti akan kandungan yang ada dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muallimin dan selanjutnya mampu merealisasikan dalam setiap langkah gerak mareka sebagai kader Muhammadiyah.

Direktur Madrasah Muallimin, H Aly Aulia, Lc MHum dalam amanatnya menegaskan bahwa Siswa Muallimin harus selalu siap dan berperan dalam melangsungkan misi kekaderaan sebagai pelangsung dan penyempurna amanah, baik amanah sebagai kader maupun amanah sebagai anak yang ditugaskan oleh orang tuanya untuk menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh.

Aly Aulia juga menegaskan akan pentingnya  peningkatan kapasitas diri bagi segenap keluarga besar Muallimin agar apa yang di cita-citakan KH Ahmad Dahlan mampu terus dilanjutkan. “Kader Muahammadiyah harus terbuka, harus terus mengasah diri agar tidak menjadi golongan yang terkukung dengan masa lalu, harus mampu menjadi pelopor dan mengispirasi setiap orang,” tuturnya.

Seluruh keluarga besar Muallimin juga harus terus meningkatkan kapasitas diri untuk mampu menjawab berbagai tantangan yang ada di tengah masyarakat,  tantangan yang akan selalu berbeda di setiap zamanya. “Sebagai penerus KH Ahmad Dahlan, sebagai kader Persyarikatan, sikap untuk terus maju dan mengembangkan potensi diri harus dipunyai oleh seluruh keluarga besar Muallimin. Hal itu diperlukan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan Muhammadiyah untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya,” kata Aly.

Upacara kali ini juga merupakan persiapan Muallimin yang akan memasuki abad ke-2.  Tepat pada tahun 2018 ini, usia Madrasah maullimin genap berusia 100 tahun.  Dalam menyamput perhelatan akbar tersebut Madrasah muallimin Muhammadiyah Yogyakata telah mepersiapkan berbagai macam kegiatan yang puncaknya nanti akan diadakan kegiatan temu alumni akbar. (sarijan/ribas)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles