29.5 C
Yogyakarta
Minggu, Juli 12, 2020

Sharing Informasi Beasiswa, PCIM Taiwan Temui Muhammadiyah Sumbar

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...

Turki Resmi Kembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid

ANKARA, Suara Muhammadiyah – Turki telah resmi memutuskan untuk mengembalikan Hagia Sophia, salah satu museum bersejarah di Istanbul Turki, sebagai masjid.
- Advertisement -

PADANG, Suara Muhammadiyah – Melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah impian banyak orang. Akan tetapi, silaunya pesona negara-negara populer membuat para pemburu beasiswa tidak menyadari banyaknya peluang yang disediakan oleh negara lain. Salah satunya adalah Taiwan, negara dengan julukan pulau yang indah yang menawarkan begitu banyak peluang studi gratis bagi mahasiswa Indonesia.

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan mengatakan Taiwan adalah destinasi yang tepat untuk melanjutkan studi. Hal ini lantaran Taiwan menawarkan banyak beasiswa khusus untuk mahasiswa Indonesia, memiliki sumberdaya akademik yang berkualitas, serta kaya akan budaya. Lulusan Taiwan juga memiliki kesempatan untuk memperoleh pekerjaan dengan lebih mudah.

“Taiwan juga merupakan negara yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Penduduk di Taiwan hampir tidak pernah mengalami kehilangan. Hal ini merupakan nilai tambah yang sangat menarik,” imbuh Andi di Gedung dakwah Muhammadiyah (GDM) 62 Padang Sumbar, Jumat (31/8).

Andi yang juga Mahasiswa S2 Asia Unuversity menambahkan, seringkali mahasiswa menganggap studi di Taiwan menghabiskan biaya yang cukup mahal. Namun, faktanya Taiwan merupakan negara yang bisa dibilang cukup murah untuk biaya pendidikan. “Biaya studi di Taiwan dibandingkan negara Asia lainnya atau Eropa terbilang murah. Dibandingkan dengan Australia saja, biaya studi kami hanya seperlimanya,” ungkapnya.

Beasiswa pemerintah adalah beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Taiwan, di antaranya Ministry of Education (MOE), Ministry of Science and Technology (MOST), dan International Coorporation and Development Fund (ICDF). Penerima beasiswa tersebut bekisar 30 orang tiap tahunnya untuk mahasiswa Indonesia

“Saat ini sudah ada 21 Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah di dunia, PCIM Taiwan merupakan PCIM ke14 dengan 400 kader,” tandasnya.

Selain itu, Lazismu PCIM Taiwan dengan menyalurkan Rp1,3 milyar kepada Gaza dan gempa bumi di Indonesia. Dan juga Amal usaha Surya Formosa Radio dan TV.

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Buya Shofwan Karim, mengatakan Taiwan menawarkan sangat banyak peluang beasiswa yang tidak banyak diketahui oleh calon mahasiswa. Setidaknya beasiswa studi di negara dengan nama resmi Republic of China atau ROC ini dikategorikan menjadi dua macam, yakni beasiswa pemerintah dan beasiswa dari tiap universitas.

“Ini sebuah peluang bagi AMM Sumbar sekaligus tantangan yang harus direbut,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Bachtiar mengatakan Ini sebuah peluang yang harus ditangkap oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Sumatera dengan tindak lanjut tes tofel dan pelatihan bahasa Inggris yang komprehensif. (RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles