24.2 C
Yogyakarta
Selasa, September 22, 2020

Kemudahan Layanan Kesehatan, Komitmen Lazismu Melayani Duafa  

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Berdayakan Potensi Kader, NA Solo Garap Lumbung Ketahanan Pangan

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir dan cenderung makin signifikan pertambahan jumlah pasien yang positif. Konsekuensinya adalah banyak...

LLHPB ‘Aisyiyah DIY: Perhatikan Ketahanan Tubuh dan Gizi Anak Era Pendemi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Webinar Seri 3 Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY dengan tema Edukasi...

Kenaikan Tarif Cukai 30% Hasil Tembakau Untuk Mendukung Pencapaian Target RPJMN Indonesia

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada 21 September 2020, Center of Human and Economic Development ITB Ahmad Dahlan Jakarta menyelenggarakan konferensi pers untuk...

Pernyataan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tentang Penanganan Pandemi Covid-19

PERNYATAAN PERS PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH NOMOR 20/PER/I.0/H/2020 TENTANG PENANGANAN PANDEMI COVID-19

Pernyataan Pers PP Muhammadiyah: Minta Presiden Pimpin Penanganan Covid-19, Tunda RUU Ciptaker, hingga Tinjau Kembali Pilkada

Pernyataan Pers Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 20/Per/I.0/H/2020 Tentang Penanganan Pandemi Covid-19 Sudah lebih dari enam bulan, bangsa Indonesia...
- Advertisement -

JAKARTA, Lazismu–Akses kesehatan dan hidup sehat kebutuhan setiap orang. Pelayanan kesehatan harus bisa dicapai masyarakat. Memperluas akses layanan kesehatan merupakan bagian dari tahap pencapaian manfaat zakat di bidang kesehatan sehingga problem memeroleh layanan kesehatan ditemukan solusinya.

Lembaga amil zakat nasional, dalam hal ini Lazismu melalui program IMC (Indonesia Mobile Clinic) terus konsisten memberikan layanan kesehatan di wilayah DKI Jakarta yang sampai dengan Oktober ini masih terus berlangsung.

Sampai hari ini, layanan IMC telah melayani masyarakat berupa akses memeriksa kesehatannya secara gratis di beberapa titik lokasi. Penanggung Jawab Program IMC Lazismu, Syahrul Amsari mengatakan, titik-titik itu telah menyasar kawasan Jakarta.

Di antaranya PCM Slipi, PCM Matraman, SD Muhammadiyah 11, PCA Kramat Jati, PCM Tanah Abang, Jatinegara, PCM Cilincing, Pondok Bambu, Manggarai, Kampung Melayu, Duren sawit, Kampung Rambutan, Bidara Cina dan lokasi lainya yang warga butuhkan untuk memeroleh layanan kesehatan.

Dalam program layanan ini, Syahrul Amsari mengungkapkan, IMC dalam kegiatanya melakukan periksaan kesehatan seperti tensi garah, kolestrol, cek gula darah dan HB sesuai dengan hasil rekomendasi dokter yang bertugas.

“Maka warga yang memiliki keluhan tak perlu khawatir dengan kondisi kesehatannya, karena tim kesehatan yang berkolaborasi bersama Lazismu melayani dengan sepenuh hati,” bebernya.

IMC ini sendiri dilakukan pada Mei lalu dan akan berakhir Desember 2018. Sampai dengan Oktober ini jumlah penerima manfaat diperkirakan sebanyak 805 orang, kata Syahrul.

Dalam pantauan Lazismu selama enam bulan ini, antusias masyarakat dengan adanya layanan kesehatan gratis dari Lazismu sangat baik. Bahkan di beberapa lokasi ada yang meminta untuk dilakukan setiap sebulan sekali.

IMC sendiri merupakan program layanan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada warga yang jarang atau tidak pernah sama sekali  mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. “Tentunya kalangan masyarakat menengah ke bawah yang ada di kawasan Jakarta,” jelasnya.WhatsApp Image 2018-10-31 at 13.24.07

Salah seorang penerima manfaat, Ahmad mengatakan sangat berterima kasih sekali dengan lazismu yang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Demikian dituturkan warga yang lokasinya kedatangan IMC di bilangan Slipi, Jakarta Barat.

Syahrul mengatakan kegiatan ini merupakan program Lazismu di 2018 yang sasaranya untuk masyarakat yang termasuk delapan penerima zakat (asnaf). Lazismu dalam program ini, bekerjasama dengan RSIJ Pondok Kopi yang juga mengontrol kualitas pengadaan obat karena untuk tetap menjaga profesionalitas dan kualitas dari program ini. (sa)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles