22.9 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 9, 2020

Raih Beasiswa UMP untuk Kader dan Hafiz Quran

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Ketua LSBO PP Muhammadiyah Resmikan Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan PusatMuhammadiyah, Drs Syukriyanto, M.Hum kemarin melakukan kunjungan silaturahmi ke Rumah...

PCIM Arab Saudi dan Suara Muhammadiyah Adakan Pelatihan Jurnalistik

MAKKAH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Arab Saudi (PCIM Arab Saudi) bekerja sama dengan Suara Muhammadiyah (SM) menggelar pelatihan jurnalistik...

BTM Artha Surya Kabupaten Tegal Sinergikan Pengembangan AUM Pendidikan

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Membangun sinergi antar Amal Usaha Muhammadiyah BTM Artha Surya kabupaten Tegal peduli dengan pengembangan tindak lanjut. Yaitu merencanakan...

Covid Talk: Dakwah dan Pendidikan Muhammadiyah berbasis Teknologi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berkenaan dengan adanya wabah Covid-19 di era generasi Z, maka teknologi merupakan sebuah media yang tidak boleh tertinggal...

Menghadapi Covid-19 Perlu Strategi dan Kemitraan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Allaster Cox, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia menyampaikan bahwa Australia sangat prihatin dengan kondisi di Indonesia...
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Berbagai macam beasiswa diberikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kepada para calon mahasiswa barunya. Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, menyebutkan seluruhnya ada delapan program beasiswa yang diberikan.

Dari sekian banyak program beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa UMP, diantaranya adalah beasiswa yang diberikan pada kader Muhammadiyah dan penghapal Alquran atau hafiz Quran. ”Mereka kader Muhammadiyah dan para Hafiz Quran atau yang hapal Alquran 30 juz, bisa mengikuti program beasiswa yang ada di UMP,” ungkap Anjar, Selasa (7/5).

Ia menyebutkan, pemberian beasiswa kader Muhammadiyah dan hafiz Quran bertujuan untuk memotivasi generasi-generasi muda Islam untuk tetap mencintai Alquran dan memberikan apreiasi kepada mereka yang aktif di persyarikatan Muhammadiyah.

”Melalui cara ini, UMP ingin memberikan penghargaan bagi generasi muda yang menjadi penghapal Alquran dan yang aktif di persyarikatan Muhammadiyah,” jelasnya.

Beasiswa kader, lanjut Rektor, akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen, sementara bagi hafiz Quran dibebaskan dari seluruh biaya kuliah dan jaminan hidup selama kuliah di UMP.

Menurutnya, program beasiswa tersebut diberikan pada calon mahasiswa sejak awal masuk kuliah. Sejak mendaftar sebagai calon mahasiswa di UMP, calon mahasiswa bersangkutan bisa mendaftar melalui jalur hafiz Quran.

”Dengan demikian, ujian seleksi yang dilakukan tidak hanya selesai akademik saja. Tapi juga tes mengenai hapalan Quran, dan keatifan di Persyarikatan Muhammadiyah,” katanya.

Bila benar-benar lolos tes hapal Quran dan aktif di persyarikatan muhammadiyah, maka yang bersangkutan otomatis akan mendapat beasiswa tersebut.

8 Program Beasiswa tersedia di UMP

Sementara itu, Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UMP telah menyelenggarakan kegiatan wawancara  bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui Jalur Beasiswa Gelombang I di ruang sidang Lt.2 Kantor Pusat UMP, Sabtu (4/5) kemarin.

Beasiswa tersebut meliputi beasiswa  Kader Muhammadiyah, Hafidz Al-Qur’an, Prestasi (akademik & non akademik), Fakir Miskin, dan Anak Yatim. Adapun calon mahasiswa yang mengikuti seleksi hari ini berjumlah 15 peserta.

Kepala PPMB UMP Anis Shofiani, SP MP menyampaikan seleksi wawancara pada hari di laksanakan serentak untuk semua kategori beasiswa, diawali dengan tes bahasa arab, baca tulis Al-Qur’an, Kemuhammadiyahan, kepribadian, dan wawancara berkaitan dengan komitmen prestasi yang akan mahasiswa pertahankan selama perkuliahan.

Lebih lanjut Anis menjelaskan bahwa dengan adanya wawancara ini para calon mahasiswa dari sisi akademik dapat mengembangkan kembali kemampuannya agar lebih baik, disisi lain prestasi yang sudah mereka raih selama ini dapat dikembangkan lagi dengan berbagai fasilitas yang ada di UMP.

“Setelah wawancara ini, kami bersama pimpinan akan mendiskusikan kelayakan hasil ujian mereka apakah dinyatakan diterima atau tidak. Kami memberikan kuota beasiswa terbanyak pada kategori beasiswa Kader Muhammadiyah yaitu 50 orang, dan untuk kategori lainnya 30 orang dari Gelombang 1 sampai 3,” urainya.

Anis mengungkapkan, UMP memiliki komitmen untuk mengembangkan pendidikan di semua tingkatan dan menjadikan UMP sebagai wadah untuk menampung dan membina calon-calon mahasiswa generasi muda untuk bisa mengembangkan dirinya serta lebih berprestasi lagi bersama UMP. (ges/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles