21.8 C
Yogyakarta
Senin, Juli 13, 2020

Pesantren Ramadhan Diisi Berbagai Perlombaan

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

AS Berikan Sanksi pada Anggota Partai Komunis China terkait Penahanan Muslim Uighur

Suara Muhammadiyah – Amerika Serikat pada Kamis (9/7) telah memberlakukan sanksi terhadap salah seorang politisi China, Chen Quangguo, beserta tiga pejabat senior...

Disambut Haru Keluarga, UMY Umumkan Penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengumumkan penerima Beasiswa Dokter Muhammadiyah. Pengumuman disampaikan Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, MP...

Spirit Baru Suara ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rentang perjalanan yang sangat panjang Aisyiyah bersama Suara Aisyiyah telah menunjukkan jati dirinya sebagai gerakan perempuan Islam...

Idul Adha ala Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pengajian Umum via Zoom bertema “Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19” pada 10 Juli 2020. Pengajian...

Turki Resmi Kembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid

ANKARA, Suara Muhammadiyah – Turki telah resmi memutuskan untuk mengembalikan Hagia Sophia, salah satu museum bersejarah di Istanbul Turki, sebagai masjid.
- Advertisement -

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mempunyai cara tersendiri dalam membangun motivasi siswa dalam berbuat kebaikan. Cara tersebut adalah melalui lomba-lomba yang digelar pada kegiatan Pesantren Ramadan 1440 H, Kamis – Jumat (9-10/5).

Muhamad Arif Wicagsono selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Pesantren Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta membiasakan berlomba-lomba dalam kebaikan.

“177 siswa kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan dalam dua hari meliputi kegiatan perlombaan, menghafal Al Quran, dan kajian bersama Ustaz Abu Bakri Royani, “ kata Arif.

Setiap siswa wajib mengikuti masing-masing kegiatan perlombaan dalam pesantren tersebut. Lomba-lomba tersebut antara lain, lomba menghafal Al Quran juz 29 dan 30, lomba kaligrafi, lomba cerdas cermat, lomba wudu dan sholat, lomba azan, lomba membuat puisi untuk antologi puisi Ramadan.

Salah satu lomba yakni Lomba Menghafal Al Quran juz 29 dan 30. Para siswa diminta untuk mampu menyambung ayat yang dibacakan oleh dewan juri. Menurut Shafira Aurelia Ramadhani, memang agak susah karena kita diminta untuk menyimak ayat yang dibacakan juri kemudian melanjutkan ayat.

“Tadi saya diminta untuk melanjutkan surat di Juz 30. Sebenarnya saya sudah hafal hingga juz 27, tetapi tadi agak susah sih. Namun, alhamdulillah saya berhasil ikut final hafalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan dalam penilaian hafalan Al Quran yang dinilai bukan hanya ketepatan melainkan juga tahsin dan tajwidnya.

Melalui rangkaian kegiatan yang salah satunya lomba-lomba tersebut, kami harapkan ada perubahan para siswa ke arah lebih baik sehingga menjadikan akhlak mereka akhlakul karimah.

“Seperti lomba azan, kami inginkan anak-anak mempunyai semangat memakmurkan masjid. Lewat lomba sholat dan wudu, mereka lebih rajin sholat, dan lomba pidato membuat siswa mampu menyampaikan nasihat di depan jamaah lain, lomba kaligrafi membuat para siswa mampu untuk menuangkan ayat suci Al Quran dengan tulisan indah, dan sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko pun mendukung penuh terselenggaranya acara tersebut. Ia pun dalam sambutan berpesan kepada anak-anak untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan.

“Ramadan ini mari kita isi dengan semangat membaca dan menghafalkan Al Quran. Jangan lupa untuk serius dalam berpuasa dan memperbanyak amalan,” jelasnya di hadapan para siswa saat pembukaan kegiatan berlangsung. (Aryanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles