24.4 C
Yogyakarta
Rabu, September 23, 2020

Milad Muhammadiyah 107 di Sukabumi Bangkitkan Literasi

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Unismuh Persiapkan Pendirian Program S3 Ilmu Pendidikan

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Satu lagi langkah inovasi yang dilakukan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam upaya mencapai kampus terkemuka dan unggul. Penghujung...

Tiga Ilmu Menjadi Pribadi Terbaik Menurut Rektor UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Masa orientasi studi dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah dikemas...

Haedar Nashir: Bermuhammadiyah, Ikuti Koridor Organisasi

Muhammadiyah itu organisasi besar yang berdiri tegak di atas sistem, dengan amal usaha dan jaringan yang luas. Kekuatan Muhammadiyah berada dalam sistem,...

MIM Kenteng Gunakan Media Pembelajaran Berbasis Dakwah Budaya

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Menciptakan madrasah berbudaya sesuai dengan visi MI Muhammadiyah Kenteng. Dimuai dari para pendidiknya sebagai dasar penguatan madrasah...

Haji Muharram: Tokoh Muhammadiyah – Bupati Berau Meninggal Dunia

BERAU, Suara Muhammadiyah -  Innalillahi wa innailaihi rajiun, kabar duka dari keluarga besar Muhammadiyah Berau, Kalimantan Timur, Bupati Berau yang juga tokoh...
- Advertisement -

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyemarakkan Syiar Milad Muhammadiyah ke-107, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukabumi bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) menggelar Seminar Nasional bertema “Pentingnya Budaya Literasi dan Penelitian dalam Pendidikan Karakter” pada Ahad, 24 November 2019.

Kegiatan yang dihelat di Auditorium UMMI tersebut, dihadiri sekitar 250 peserta, yang terdiri dari mahasiswa, guru, Kepala Sekolah, dosen, dan kalangan akademisi lainnya.

Ketua Panitia, Dion Apipudin, bersama kedua rekannya, Agus Muhadjir dan Eres Rihayati, merupakan mahasiswa S2 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UHAMKA, yang secara aktif berkoordinasi dengan seluruh jajaran PDM Sukabumi dan civitas akademika UMMI serta UHAMKA, demi terlaksananya kegiatan dengan baik.

Dalam sambutannya, Jana Jaenudin, SSi, selaku Sekretaris PDM Sukabumi, menyambut baik kegiatan tesebut, sehingga menambah marak syiar Milad Muhammadiyah. Selanjutnya,

DR Sakti Alamsyah, MPd, selaku Rektor UMMI, dalam sambutannya mengapresiasi seluruh panitia yang telah bekerja keras di tengah segala kesibukannya, untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Kemitraan antara UMMI dan UHAMKA diharapkan akan terus berlanjut, dalam beragam bentuk kegiatan yang edukatif.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, SAg, MPd., dalam sambutannya sangat apresiatif karena kampus kebanggaan masyarakat Sukabumi yaitu UMMI, mampu menghadirkan kegiatan Seminar Nasional dengan tema besar LIterasi, Penelitian, dan Pendidikan Karakter.

Terlebih dalam era Revolusi Industri 4.0 dan Mendikbud baru yang diharapkan akan membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Badya Wijaya, SH, MH, menyambut baik kegiatan seminar yang dinilai akan memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya dalam upaya menangkal radikalisme di Indonesia.

Hadir sebagai narasumber pertama, Wakil Rektor I UHAMKA, Prof Dr Abdul Rahman, M Pd, menyampaikan materi “Menguatkan Pendidikan Karakter melalui Budaya Literasi dan Meneliti”. Sesi diskusi yang dipandu oleh Drs Endang Sumitra, M Pd., selaku Wakil Ketua PDM Sukabumi.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan bedah buku “Model Pelatihan Berbasis SKS” yang menghadirkan DR Moch. Misbah, MPd., selaku penulis buku dan Maman Abdul Majid Binfas, PhD, selaku dosen UHAMKA yang mengupas buku tersebut.

Setelah itu emaparan materi “Meningkatkan Profesionalitas dan Kesejahteraan Guru Melalui Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif”, yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UHAMKA, Dr Ernawati, MPd, serta Dekan FKIP UMMI, Sistiana Windyarini, MPd. (Arif Nurhadi)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles