Muhammadiyah Pulang Pisau Bantu Penyintas Banjir

Dok Bonni/SM

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah – Desa Gandang Barat salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Maliku direndam banjir.

Tingginya curah hujan akhir-akhir ini  berdampak banjir yang merendam kebun,  lahan pertanian masyarakat dan mulai masuk ke perumahan warga serta fasilitas umum

Muhammadiyah melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Pulang Pisau bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pulang Pisau menyerahkan bantuan  bagi penyintas banjir di Desa Gandang Barat kec maliku kabupaten Pulang Pisau, Senin (2/3).

Bantuan diberikan dengan prioritas kepada balita berupa makanan tambahan seperti bubur bayi, susu balita, mie instan,sarden serta bantuan untuk tim petugas lapangan yang dserahkan secara simbolis kepada Sekretaris desa dan Perwakilan Posko Darurat bencana

Untuk pendistribusiannya pihak desa  berkoordinasi dengan kader posyandu,  bidan dan tenaga kesehatan desa setempat.

Rudi Purwadi Dewan Pengawas Lazismu mengatakan pemberian bantuan  berdasarkan assesmen MDMC dan LAZISMU  yaitu bahwa kebutuhan  mendesak yang di perlukan prioritas  penanganan

“Sebagai  bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan, kita bergerak turun ke lokasi untuk ikut memberikan bantuan. Sasarannya adalah balita, berupa makanan tambahan seperti bubur bayi dan susu. Untuk petugas lapangan kita berikan berupa kopi, teh, gula, serta mie instan,” ujar Rudi.

Rudi menambahkan saat melihat lokasi,  sangat prihatin dengan kondisi ini dan Lazismu tergerak untuk menyampaikan amanah dari para donatur dan muzakki yang menitipkan sebagian rezekinya melalui Lazismu Pulang Pisau.

“Karena bantuan makanan ini bersifat jangka pendek , kami berharap dapat segera didistribusikan  , semoga  bencana banjir ini cepat  surut dan  warga beraktivitas seperti biasa,” tambahnya

Kepala Desa Gandang barat yang diwakili oleh Sekretaris Desa Syaiful Mubarak  mengucapkan terima kasih kepada Lazismu atas pemberian bantuan ini.

Baca Juga:   Bukan hanya PNS, Pengusaha Juga Punya Ruang di NA

“Mudah mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat desa khususnya balita yang terkena dampak banjir,” ujar syaiful.

Sementara itu Bidan Yenni  petugas kesehatan Desa mengatakan ada kurang lebih 50 balita yang ada di desa Gandang barat dan sebagian besar  terdampak banjir, bahkan ada yang sudah mengungsi  di rumah keluarga atau kerabatnya.

“Dengan adanya bantuan susu dan bubur bayi ini cukup membantu kami dan para orangtua yang mempunyai balita, Terima kasih kepada lembaga zakat lazismu,semoga menjadi berkah dan manfaat,” kata Yenny.

Lazismu bersama.relawan MDMC juga turun langsung menyisir lokasi terdampak yang cukup parah, serta mendokumentasikan sebagai laporan dan pertanggungjawaban kepada para muzakki yang telah mempercayakan donasi Zakat, Infaq Shodaqohnya kepada Lazismu Pulang Pisau. (Bonni)