22.7 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 11, 2020

Menuju Sekolah Muhammadiyah Sehat Tingkat Nasional

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lazismu Medan Jaring Milenial Berdayakan UMKM

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pembinaan UMKM menjadi demikian ditengah hawa resesi yang semakin panas. UMKM memiliki dayatahan dalam menghadapi guncangan ekonomi. Hal itu...

Uji Kompetensi 14 Skema LSP UMP Bersama BNSP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Muhammadiyah Purwokerto tengah melakukan penambahan ruang lingkup LSP. Hal in ditandai...

Peduli UMKM di Saat Pandemi, KKN 117 UMY Kembangkan Potensi Batik Trisno Idaman

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tim 117 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Batik Trisno Idaman.  Sebuah...

UMSU Dampingi Peningkatan Kualitas Ponpes Kwala Madu

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berkomitmen mendamping pengelolaan dan pengembangan pendidikan pesantren modern Kwala Madu, Langkat.

Mencegah Cyber Bullying Dimulai dari Keluarga

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perkembangan internet yang semakin cepat dan meluas memunculkan berbagai dampak, tidak hanya positif tetapi juga negatif. Salah satu...
- Advertisement -

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), H Ganjar Pranowo MIP mendukung penuh Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta maju menjadi sekolah sehat tingkat nasional, di kediamannya pada Selasa (10/3).

Dalam sejarahnya, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sudah ada jauh sebelum republik ini berdiri. Usianya sudah cukup tua. Cerita ini membuat Ganjar terkejut sekaligus bangga.

Ganjar menyampaikan, SD ini telah mengintegrasikan pendidikan kesehatan dalam mata pelajaranya yang diajarkan, termasuk cara hidup sehat dan bersih. Tidak hanya itu, Sekolah ini juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendidik anak-anak hidup sehat. Sejak dini anak-anak dikenalkan pada gaya hidup sehat, yang menarik setiap anak mesti mempresentasikan apa yang dia kerjakan, bagaimana menghadapi cuaca, cuci tangan enam langkah mengunakan sabun dan lain sebagainya.

“Dan tentu saja ini membanggakan. Sebagai Gubernur Jawa Tengah saya dukung full 100%, kalau boleh lebih 200%. Layak untuk dinilai, jika saya boleh memberikan penilaian secara sistemik nampaknya juara,” ujarnya.

Sri Sayekti Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan menuturkan bahwa sekolahnya menerapkan program UKS dan PHBS kepada seluruh siswanya. Pihak sekolah juga mengembangkan berbagai macam inovasi, di antaranya kantin sehat, radio streaming solo belajar, dan program M1 smart card. M1 smart card berfungsi sebagai alat transaksi di BUM’s, kantin, perpustakaan, absensi siswa, e-money, e-uks, e-infak, zero debu, bank sampah, musolla bersertifikat kiblat, dan laboratorium botani.

“Mohon doanya semoga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk persyarikatan Muhammadiyah serta Pemerintah Jawa Tengah dan Solo,” ujarya. (jatmiko/diko).

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles