Milad IMM ke-56 Memperkuat Intelektual, Memajukan Bangsa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD IMM DIY) menyelenggarakan malam puncak Milad IMM KE-56, Sabtu, 14 Maret 2020. Dengan tema “Memperkuat Intelektual Memajukan Bangsa”, menghadirkan tokoh-tokoh seperti Zulkifli Hasan (Wakil Ketua MPR RI) dan Fajar Riza Ul Haq (Pembina Maarif Institut). Acara tersebut berlangsung di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta (PWM)dan berjalan meriah dengan dihadiri oleh kader-kader IMM se – DIY.

Sesi pertama disampaikan oleh Zulkifli Hasan dengan dimoderatori oleh Immawan Mukhlis (Kepala Bidang Organisasi DPD IMM DIY). Dalam sesi pertama tersebut lebih disampaikan dengan berdiskusi antara peserta dan pemateri mengenai pentingnya pendidikan di Indonesia. “Kunci dari kemajuan Bangsa menurut saya adalah di Pendidikan”pungkasnya.

Menurunya bukan hanya emosional saja yang ditonjolkan tapi juga dengan Intelektualitas, karena tanpa adanya pengetahuan yang mendampingi hanya akan ada sudut pandang negatif.
Dilanjutkan dengan sesi kedua yang disampaikan oleh Bapak Fajar Rizaul Haq. Dalam sesi ini peserta diajak untuk berefleksi melihat IMM kedepan.

Menurutnya IMM yang dulu saat ia masih aktif di organisasi berbeda jauh dengan IMM yang sekarang apalagi untuk 5 tahun sampai 10 tahun mendatang. IMM yang mempunyai 3 kompetensi dasar yaitu Religiusitas, intelektualitas, dan humanitas harus bisa beradaptasi dan membuat kesadaran bersama bahwa ketiga kompetensi dasar itu menjadi satu tarikan nafas untuk menjawab tantangan IMM kedepan.

“Ada 2 hal penting yang harus dikuasai dalam berorganisasi, yaitu soft skill dan Hard skill” imbuhnya. Soft skill merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut soal mental dan karakter yang demikian itu dilatih bertahun-bertahun. Sedangkan hard skill lebih kepada hal teknis yang bisa dilatih oleh siapapun. Namun soft skill sangat penting karena karakter serta mental yang dapat memengaruhi diri itu sendiri. (Hanif)

Baca Juga:   Menteri BUMN, Pendidikan Aisyiyah Turut Majukan Pembangunan Negara