Preventif Covid-19: UMY Terapkan E-Learning, UAD Tunda Wisuda

Dok UAD

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Merespons isu penyebaran Corona Virus atau yang disebut juga Covid-19, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah mengeluarkan surat edaran terkait penundaan perkuliahan tatap muka. Surat tersebut dikeluarkan pada Sabtu, (14/03) yang langsung ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Akademik.

Dalam surat edaran tersebut tertulis bahwa mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 21 Maret 2020 perkuliahan di UMY akan dilaksanakan secara online dengan disertai penugasan sesuai standar kuliah dalam jaringan (daring) UMY atau e-learning.

Perkuliahan dan atau praktikum tatap muka (offline) akan dimulai kembali pada tanggal 23 Maret 2020, seperti biasa sesuai dengan kalender akademik, dengan syarat yaitu wajib untuk mengikuti protokol kesehatan UMY untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus (covid-19).

Kemudian pelaksanaan Kerja Praktik/Magang/Kuliah Kerja Lapangan, dihimbau untuk ditunda sampai permasalahan terkait Corona Virus mereda.

Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran program studi profesi (Coass) bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran  dan Ilmu Kesehatan tetap berjalan seperti biasa dengan wajib mengikuti prosedur baku yang ada di rumah sakit atau tempat praktik profesi, sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran Corona Virus.

Surat edaran ini ialah bentuk respons UMY terhadap surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 35492/A.A5/HK/2020 tanggal 12 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Diseasea (Covid-19).

Hal sama diterapkan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Dalam Surat Edaran Rektor UAD perkuliahan klasikal dan praktikum terhitung mulai tanggal 16-28 Maret 2020 dilaksanakan secara online dengan e-learning UAD serta menunda Wisuda Sarjana dan Pascasarjana periode Maret 2020. Pimpinan UAD memutuskan untuk menunda pelaksanaan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana sampai permasalahan Covid-19 mereda.

Selain itu, untuk mahasiswa UAD yang sedang melaksanakan magang, praktek kerja industri/lapangan dan sejenisnya, diharapkan segera ditarik oleh Program Studi, berkoordinasi dengan instasi penyelenggaranya. (ran/riz)

Baca Juga:   Dalam Penanggulangan Bencana, 'Aisyiyah Tekankan Pentingnya Memberi Perhatian bagi Perempuan dan Anak

Surat Edaran UMY E-Learning

Surat Edaran UAD Tunda Wisuda

Surat Edaran UAD Kuliah Online