9 Kegiatan Positif Selama di Rumah

Foto Dok Istimewa

Mewabahnya Covid-19 di masyarakat mengharuskan kita semua untuk tetap tinggal di rumah, tidak terkecuali bagi seluruh warga Muhammadiyah dimana pun berada. Di tengah situasi dan kondisi yang tidak memperbolehkan kita beraktivitas di luar, masih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang positif bersama keluarga. Berikut merupakan kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh warga Muhammadiyah selama di rumah aja.

1 Membaca dan menghafal al-Qur’an

Siapa sih yang tidak ingin menjadi hafidz al-Qur’an? Tentu setiap orang yang beriman memiliki cita-cita untuk menjadi seorang hafidz al-Qur’an. Sekarang adalah waktu kita untuk mulai mengasah kembali hafalan kita. Bukankah Allah SWT memberikan balasan yang besar bagi mereka yang membaca, menghafal dan mengamalkan al-Qur’an.

2 Memasak banyak untuk dibagikan kepada tetangga

Pada umumnya memasak dan segala urusan dapur merupakan kegiatan yang selalu melekat pada sosok ibu. Namun akan berbeda jika memasak dalam jumlah besar atau banyak. Mau atau tidak, sang ibu harus mengerahkan seluruh anggota keluarganya untuk membantu di dapur. Maka ibu harus menjadi komandan untuk menyukseskan misi memasak di dapur. Kegiatan seperti ini tentu sangat positif untuk mengajarkan anak-anak memasak. Memasak merupakan suatu keahlian yang harus ditularkan kepada anak-anak untuk bekal masa depan mereka kelak.

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa, dari Abu Dzar rai a berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR. Muslim)

3 Memberi makan hewan ternak

Kegiatan positif lainnya yang tidak kalah seru adalah memberi makan hewan ternak seperti ayam, kambing, sapi, kerbau dan lain sebagainya. Hal ini dapat dilakukan bagi mereka yang di rumahnya memiliki hewan ternak. Mengajak anak-anak berkecimpung di dalamnya merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan dan dapat menghilangkan kebosanan. Kegiatan ini juga dapat mendidik anak-anak untuk menyayangi binatang.

Baca Juga:   Mubaligh Juga Harus Menjaga Kehidupan Manusia

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (Bukhari dan Muslim).

4 Bercocok tanam di pekarangan rumah

Memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah menjadi kegiatan yang sangat positif untuk melawan kebosanan. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk mengurangi belanja di luar rumah, setiap keluarga dapat memulai kegiatan bercocok tanam ini, seperti menanam sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya.

5 Membaca buku, koran, atau majalah

Membaca merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi mereka yang jiwanya dipenuhi rasa ingin tahu. Melalui buku, koran, atau majalah, dapat membuka jendela pikiran dan pengetahuan setiap orang. Maka tidak berlebihan jika sebuah pepatah berbunyi, “Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku.”

6 Memaksimalkan waktu untuk berbakti kepada kedua orang tua

Bagi anda yang masih memiliki orang tua bersyukurlah. Karena masih terbentang luas ladang amal untuk berbakti kepada kedua orang tua. Bahwa berbakti kepada mereka adalah amal maksimum kepada Allah SWT.

7 Menulis kisah-kisah motivasi

Berbagi dengan orang lain tidak lah harus dengan uang. Bagi anda yang memiliki keterampilan menulis, anda bisa berbagi dengan cara lain, contohnya menulis kisah-kisah inspirasi yang dapat memberikan motivasi dan rasa percaya diri kepada orang lain.

8 Belajar hal-hal baru

Di era modern, perubahan terjadi begitu pesat dan cepat. Hal ini menuntut kita untuk belajar hal-hal baru. Agar kita dapat tetap bertahan menghadapi perubahan.

9 Merealisasikan agenda atau kegiatan yang belum terlaksana

Bagi anda yang memiliki mimpi yang belum terwujud. Inilah saat yang tepat untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Sebagai contoh, ingin menulis buku, anda bisa lakukan sekarang juga. (diko)

Baca Juga:   Menelisik Ramadhan Masa Pandemi di Negeri Bollywood