24.6 C
Yogyakarta
Minggu, September 27, 2020

Langkah Nyata Kita Melawan Corona

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Optimalisasi Peran Lazismu, Edukasi Indeks Literasi Zakat Warga Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan sejak lama telah ikut andil dalam pengelolaan zakat...

Wali PAUD Muslimat NU Ikut Kerja Bakti Pembangunan PAUD ‘Aisyiyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menetapkan PAUD Aisyiyah Percontohan Takerharjo Solokuro sebagai juara Percontohan PAUD Tangguh. Tertanggal 9...

Kader Muhammadiyah Terbitkan Buku “Pada Masa Modern”

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Muh. Akmal Ahsan, Kader Muhammadiyah Yogyakarta kembali menerbitkan buku bertajuk Pada Masa Modern (2020). Sebelumnya, Kader...

Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan Madrasah Berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, guru MIM Kenteng ikuti seleksi...

Lokakarya Kepala SMK Muhammadiyah se-Jawa Tengah di Majenang

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMK Muhammadiyah Jawa Tengah Gelar Lokakarya pada 25 sd 26  September 2020. Bertempat...
- Advertisement -

M. Afdhol Mufti Alhakiki

Seperti yang sudah kita ketahui, virus corona merupakan virus yang sangat berbahaya. Bagi saya selain virus ini sangat cepat penularannya yang harus kita sadari bersama adalah kita sedang menghadapi musuh yang tak kasat mata sehingga  kita harus berjuang dengan sekuat tenaga dalam mengahdapinya. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik kita harus turut membantu pemerintah dan berbagai macam stakeholdernya dalam menangani pandemi global ini. Lalu apa langkah kita sebagai manusia biasa dalam melawan musuh tak kasa mata ini? Yuk kita bahas bersama.

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah tetap waspada dan jangan panik. Bagaimana kewaspadaan kita dalam menghadapi virus corona ini? Kita harus tetap berkoordinasi dengan pejabat pemerintah terkait dalam memperbarui dan mengetahui informasi-informasi aktual dan tepercaya mengenai perkembangan kasus corona ini. Jangan sampai kita mudah menerima berita atau informasi dari  orang atau sumber yang belum atau bahkan tidak tepercaya mengenai virus corona ini, dalam artian jangan sampai kita menelan dengan mentah-mentah informasi yang belum terpercaya dan mengganggap itu sebagai sebuah kebenaran mutlak bahkan sampai berbagi (share) kepada orang lain secara luas yang dampak buruknya akan membuat kekacauan dalam masyarakat.

Dengan kewaspadaan kita menerima informasi yang akurat akan menjadikan diri kita tenang dan tidak panik sehingga tidak muncul gerakan dimasyarakat berupa panic buying yang menyebabkan kelangkaan barang karena tidak seimbangnya permintaan dengan penawaran di pasar yang menimbulkan harga-harga menjadi meroket tajam seperti masker dan Hand sanitizer. Maka dari itu tetaplah membeli kebutuhan sesuai dengan keperluan kita sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan hak yang sama demi menghindari kemubaziran.

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menaati aturan pemerintah untuk melakukan Social and physical distance. Sebagaimana perkataan bapak Presiden kita yakni bapak Presiden Joko Widodo untuk menganjurkan kita untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Maka setiap orang ditempat umum harus menjaga jarak satu sama lain antara satu sampai dua meter guna menghindari penyebaran virus corona ini sebab virus ini menyebar melalui droplet atau percikan air yang keluar dari mulut kita.

Gerakan masyarakat untuk menyerukan #DirumahAja juga memberikan andil besar bagi masyarakat untuk menaati peraturan pemerintah mengenai Social and physical distance ini, gerakan #DirumahAja cukup berhasil dalam membendung masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan sosial berskala besar dan berkerumun dalam lingkungan masyarakat sehingga dengan adanya gerakan ini laju perkembangan virus corona ini dapat diminimalisir.

Dengan adanya anjuran untuk tetap berkegiatan dirumah kita harus benar-benar menaatinya dan jika memang terpaksa harus keluar rumah karena ada urusan penting yang tidak dapat diwakilkan maka sesuai dengan peraturan kita harus menggunakan masker. Jenis masker yang digunakan oleh orang sehat yakni masker kain, sedangkan masker bedah diutamakan untuk tenaga medis dan orang yang sakit, dan masker N95 dikhususkan untuk tenaga medis yang memiliki resiko penularan sangat tinggi.

Walaupun masker kain tidak dapat 100% mencegah terpaparnya virus corona namun dengan menggunakan masker kain setidaknya kita sudah dapat mengurangi resiko tertularnya virus corona dari satu orang kepada orang lainnya. Maka bagaimanapun juga yang paling aman walaupun tidak menjamin 100%  adalah dengan kita tetap beraktifitas dirumah saja guna memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

Berikutnya yang tidak kalah penting yakni kita harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Pola hidup bersih dan sehat ini sangat penting untuk kita lakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Pola hidup bersih dan sehat dalam menghadapi virus corona ini diantaranya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, mencuci tangan dengan sabun sangat penting dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat karena dengan tangan, kita banyak memegang berbagai macam benda yang telah disentuh oleh banyak orang, serta ketika kita berjabat tangan dengan banyak orang yang dalam benda atau tangan orang lain pastinya memiliki kuman-kuman dan bisa saja ada virus yang menempel pada benda dan tangan tersebut.

Sehingga jika tangan kita tidak selalu dicuci bersih dengan sabun maka ketika tangan kita menyentuh mata, hidung, dan mulut yang menjadi jalur masuknya penyakit dalam tubuh kita

Tentunya kita tidak mau penyakit tersebut masuk dalam tubuh kita sehingga sering mencuci tangan dengan sabun dan air bersih akan menghilangkan kuman-kuman serta virus yang menempel pada tangan kita. Pola hidup bersih dan sehat berikunya adalah menggunakan air bersih, air bersih merupakan kebutuhan dasar yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Walaupun air bersih tidak dapat 100% tehindar dari kuman, namun air bersih sangatlah penting bagi kesehatan karena dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penyakit seperti diare, kolera, disentri, dan lain sebagainya.

Air bersih juga digunakan sebagai pembersih dan penyegar tubuh kita sehingga kita dapat terhindar dari penyakit dan virus berbahaya. Berikutnya jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur, buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan serat. Nutrisi-nutrisi itulah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi optimal dan tetap sehat. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat menangkal kita dari berbabagi macam penyakit sehingga memberikan kekuatan bagi diri kita agar tetap sehat dan kuat.

Jangan lupa pula untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari, dengan berkegiatan dirumah tidak dibenarkan pula kita untuk tidur sepanjang hari karena akan menjadikan tubuh kita lemas dan malas, sempatkanlah diri kita untuk berolahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga ringan juga dapat dipadukan dengan aktivitas rumah sehari-hari seperti menyapu dan mengepel lantai, mencuci dan menjemur pakaian, serta memasak dan mencuci piring.

Tidak kalah penting bagi diri kita adalah untuk tidak merokok, kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit paru-paru dan saluran pernapasan, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit berbahaya lainnya. Selain merugikan diri sendiri merokok juga merugikan orang lain karena orang disekitar perokok juga beresiko terkena gangguan kesehatan bila terus-menerus terpapar asap rokok yang beracun. Apalagi sedang masa pandemi kali ini. virus corona menyerang alat pernapasan kita berupa paru-paru, maka dari itu jauhilah rokok agar hidup kita tetap sehat.

Kunci utama dalam mengahadapi virus corona ini adalah jangan lupa untuk selalu berdoa kepada tuhan yang maha kuasa agar kita selalu diberikan perlindungan, kesehatan, dan dihindarkan dari berbagai macam virus dan penyakit yang berbahaya. Kehidupan ini ada dalam genggamannya sebab sehebat apapun diri kita, sesehat apapun diri kita, kalau memang sudah menjadi kehendak-Nya maka kita harus menerima dengan lapang dada.

Namun jangan hanya menenerima begitu saja, sebelum dan sesudah kehendak-Nya kita juga harus tetap berusaha agar terhindar dari mara bahaya sebab usaha tanpa doa sama dengan sia-sia dan doa tanpa usaha tidak ada apa-apanya. Maka dalam menghadapi virus corona ini kita harus selalu beroda dan berusaha agar terhindar darinya.

Sebagai penutup sebagai manusia pasti kita memiliki rasa takut, maka dalam menghadapi pandemi ini waspada harus kita utamakan namun jangan panik dalam menghadapinya. Tetap beroda semoga kita terjaga dan terhindar dari virus ini. Semoga dengan langkah-langkah yang kita lakukan demi mencegah virus corona ini masuk, dicatat amal dan perbuatan yang baik bagi agama, bangsa, dan negara. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa kembali menjali kehidupan seperti sediakala.

M. Afdhol Mufti Alhakiki, Musyrif Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles