Kado Ulang Tahun PSSI, Buku Bola Kita Dirilis

Buku Bola Kita Dok Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Fajar Junaedi merilis buku terbarunya yang berjudul Bola Kita, Ahad (19/4). Buku yang ditulis bersama dengan jurnalis olahraga senior Jawa Pos, Miftakhul F.S, berisi tiga bagian yaitu ekonomi politik sepak bola, sepak bola dan fans, dan sepak bola, media dan kemanusiaan.

Ketua Asprov Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PSSI DIY), Ahmad Syauqi Soeratno menyambut baik penerbitan buku ini. “Penulis pertama adalah dosen, sedang penulis kedua adalah jurnalis. Meskipun demikian ada benang merah yang menautkan keduanya, yaitu mereka adalah pecinta sepak bola Indonesia yang tulus,” jelas Syauqi. “Keduanya juga bukan sekadar dosen dan jurnalis, namun suporter sepak bola yang datang ke tribun stadion,” tambahnya.  Ketua Asprov PSSI DIY ini memberikan kata pengantarnya dalam buku yang ditulis oleh Fajar Junaedi dan Miftakhul F.S.

Fajar Junaedi menyebutkan bahwa meskipun esai-esai yangdi buku ini  berasal dari tahun yang berbeda, namun konteksnya saling sambung-menyambung. Mulai dari persoalan pendanaan klub yang harus mandiri dan profesional, setelah mulanya tergantung APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), literasi suporter sepak bola dan media, serta sisi kemanusiaan dari sepak bola kita.

Fajar Junaedi dikenal sebagai dosen yang produktif dalam publikasi tentang sepak bola Indonesia. Sebelumnya menulis buku Merayakan Sepak bola 1 dan 2, menyumbang artikel di buku Merawat Sepak bola Indonesia; Sepak bola 2.0; Kota, Klub dan Pasoepati;  dan kata pengantar di buku Struggle for Soccer in Indonesia.

Buku Bola Kita sengaja dirilis pada tanggal 19 April, bertepatan dengan ulang tahun PSSI yang berdiri sejak tahun 1930. Buku yang diterbitkan oleh Fandom Indonesia ini bisa didapatkan di Fandom Store di 081392296720. Seluruh royalti dari penjualan buku ini akan didonasikan untuk penanggulangan wabah Covid-19 yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center melalui Lazismu.(Riz)

Baca Juga:   Mempertahankan Gaya Hidup Sehat Saat dan Setelah Ramadhan