PDM Pemalang Menggagas Tertib Administrasi Cabang

Kantor PCM Moga Dok Jatun Ernawan/SM

PEMALANG, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyongsong dan memeriahkan siar pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke – 48 di Surakarta bulan Desember 2020 yang akan datang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pemalang Jawa Tengah sejak bulan Januari 2020 yang lalu telah menyelenggarakan Gebyar Muktamar dengan berbagai kegiatan berupa; pemasangan baliho dan spanduk, gerakan sosial dan pelayanan kesehatan serta lomba Olah Raga dan Seni yang diikuti oleh Ortom dan AUM Pendidikan. Lomba Olah Raga dan Seni tersebut antara lain; lomba Tilawatil Qur’an, Lomba Paduan Suara Lagu Muktamar Muhammadiyah ke-48, turnamen Futsal, Tapak Suci dan Badminton.

Yang cukup mendapat apresiasi dari berbagai kalangan ialah untuk pertama kali Gebyar Muktamar diadakan Lomba Tertib Administrasi Cabang yang harus diikuti oleh seluruh PCM (13 PCM) se-Kabupaten Pemalang. Adapun sistem penilaian dalam lomba tertib administrasi ini hanya bersifat validasi, apakah di cabang tersebut ada ; Papan Nama, Kantor, Daftar Anggota Muhammadiyah, Buku Agenda Surat Keluar dan Masuk, Notulen Rapat, Daftar Hadir Rapat, Daftar Inventaris, Daftar Tanah Wakaf, Kegiatan Pengajian Pimpinan, Madrasah Diniyah, Kegiatan Ekonomi Dan Kesehatan serta Korp Muballigh.

Tujuan Lomba Tertib Administrasi Cabang, menurut ketua PDM Pemalang Abdul Muin Malilang untuk memacu semua Pimpinan Cabang melengkapi perangkat administrasi yang paling elementer, demi terwujudnya sebuah organisasi yang baik. “Bagaimana kita mengklaim  sebagai organisasi modern, bila kantor dan perlengkapannya yang standar saja tidak punya,“ tandas ketua PDM yang asli Luwuk, Sulawesi Tengah ini. Bahkan dengan nada tinggi beliau menambahkan “malu rasanya sudah puluhan tahun berorganisasi dengan amal usaha yang beragam, tapi kantor dan kelengkapan administrasi lainnya tidak punya, lalu apa bedanya dengan paguyuban?“

Dalam lomba Tertib Administrasi ini,  salah satu PCM yang dinyatakan sebagai cabang dengan pengelolaan administrasi yang baik adalah PCM Moga. Cabang yang memiliki dua Rumah Sakit ini secara geografis berada di Kabupaten Pemalang bagian selatan. Cabang ini juga telah dikunjungi oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah tingjkat pusat, seperti Almarhum MS. Ibnu Juraimi, almarhum Prof. Yunahar Ilyas, Sukriyanto AR., DR. H. Untung Cahyono, M.Hum. dan Ketua Umum PP. Muhammadiyah Prof. DR. H. Haedar Nashir, M.Si.

Baca Juga:   Tata Kelola Majelis Diktilitbang Kini Bersertifikat ISO 9001:2015

Secara faktual, PCM Moga selain memiliki semua item yang dinilai, juga melengkapi kantornya dengan perpustakaan sederhana dan sebuah brankas sebagai tempat pengamanan berbagai dokumen penting milik Persyarikatan. Selain itu semua, yang cukup mengagumkan Cabang ini juga mendokumentasikan dengan tertib semua surat keluar & masuk serta notulen rapat sejak tahun 2004 hingga saat ini. Dengan mimik serius Ketua PCM, Asikin Bahroni mengatakan “ Kalau ada yang ingin lihat arsip surat yang kami keluarkan sejak 15 tahun yang lalu, silakan datang ke kantor PCM. Masih ada dan kami arsipkan dengan baik.“  (Jatun Ernawan)