Sinergisitas Pemangku Kepentingan Melawan Covid-19 di Sleman

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Pandemi Covid-19 menjadi ancaman nyata dihadapan kita, semakin hari penyebaran virus yang sangat cepat ini menjadi kewajiban bersama terutama pemerintah dan semua pemangku kebijakan serta masyarakat berupaya untuk mencegah agar tidak semakin banyak masyarakat yang terjangkit wabah yang belum ada vaksinnya sampai saat ini.

Di Kabupaten Sleman upaya penanggulangan ini telah berjalan, koordinasi antara eksekutif, legislatif maupun yudikatif saling bergandengan tangan erat untuk menjaga agar masyarakat Sleman seminimal mungkin terjangkit Covid19 dalam bentuk tim gugus ini bertujuan supaya anggota dewan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan virus korona lebih terarah. Selain itu, tim gugus tugas dewan akan terus koordinasi dengan tim gugus tugas yang dibentuk Pemkab Sleman.

Salah satu anggota DPRD Sleman, Ir. H. Abdul Kadir yang juga merupakan pengurus harian Pimpinan Daerah Muhammdiyah Sleman dalam kesempatan menyampaikan 500 buah masker kepada Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Sleman di Posko Gedung Dakwah Sleman yang diterima oleh Ketua Satgas MCCC H. Tuyahmin dan Sekretaris Joko Ariyanto, ST, Ahad 19 April 2020.

“Alhamdulillah kami diamanati oleh DPRD Sleman untuk menjadi Koordinator Tim Gugus Tugas DPRD dalam Penanganan Covid Sleman, DPRD secara moral maupun kelembagaan harus dapat berbuat sesuatu untuk melawan virus mematikan tersebut dengan berbagai upaya antara lain fokus mendorong eksekutif menggeser APBD Pemerintah Sleman yang tidak begitu urgent untuk penanganan Covid 19 karena dampaknya akan sangat terasa di masyarakat yang nilainya bisa mencapai Ratusan Milyar,” katanya.

Secara personal Abdul Kadir juga awal pandemi Covid19 telah membagikan puluhan liter Hand sanitizer dan Disinfektan, 3 buah alat semprot disinfektan dan ribuan masker kepada warga Kecamatan Ngaglik dan sekitarnya.

Baca Juga:   'Aisyiyah Terus Tingkatkan Jihad Masa Pandemi Covid-19

Tim Gugus Tugas DPRD dalam tugasnya senantiasa berkoordinasi dengan Pemkab dan Polres Sleman untuk melakuakan pantauan langsung pelayanan Pemda ke masyarakat dalam menangkal Covid 19 secara semaksimal mungkin dari semua aspek diantaranya berbagai permasalahan sosial, ekonomi yang berdampak langsung di masyarakat seperti ketersediaan bahan pangan, layanan kesehatan, kelangkaan alat pelindung diri, obat, masker, penyemprotan disinfektan dan lainnya.

DPRD Kabupaten Sleman membentuk tim gugus tugas pencegahan dan penanganan virus korona,tim gugus tugas dewan akan terus koordinasi dengan tim gugus tugas yang dibentuk Pemkab Sleman dan Polres Slemanuntuk memantau langsung pelayanan ke masyarakat dalam menangani virus korona.

Dalam kesempatan itu Abdul Kadir menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas kiprah Muhammadiyah Sleman dengan team MCCC beserta segenap Unsur organisasi otonom dan tim relawan MCCC yang telah berbuat banyak di masyarakat dalam melakukan aksi bagi masker, disinfektan, pembagian Sembako kepada masyarakat Sleman serta literasi perilaku hidup bersih dan sehat sebagai sebuah langkah berkemajuan dalam memutus mata rantai penularan covid-19.(Arief H)